Yossa Rahmalia

Menulis memberi napas dan energi baru. Penyedia ruang untuk tidak berhenti bermetamorfosis. Mengulik alam dengan segala titik peliknya. 'Belajar untuk menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web
KARTIKA-LOMBA MENULIS BUKU WARNA KASIH IBU

KARTIKA-LOMBA MENULIS BUKU WARNA KASIH IBU

#WARNA KASIH IBU

#Mediaguru

***

Mother's love is peace.

It need not be acquired, it need not be deserved.

(Cinta ibu adalah kedamaian. Kita tidak perlu berjuang untuk mendapatkannya, kita juga tidak perlu melayakkan diri untuk memperolehnya.)

(mutiaraislam.net)

***

"Mama Pemarah". Kalimat tersebut telah berulang kali saya tuliskan di balik pintu, di kertas buram, di belakang lemari, atau di pohon akasia yang tumbuh di depan rumah dinas yang kami tempati. Kalimat tersebut lahir ketika izin bertandang ke rumah teman, menyusuri pematang sawah mencari ikan kecil, atau mendaki bukit gembala di pinggir desa tidak saya kantongi. Berengut dan beribu argumen tidak ada hasil. Keputusan mama tidak berubah. Mengapa tidak boleh?

Lama. Dua puluh tahun berikutnya, pertanyaan tersebut baru saya pahami. Setelah kebiasaan bertandang telah saya yakini sebagai kebiasaan tidak baik.

Sungguh larangan mama telah menyelamatkan hidup dan masa depan saya. Pola pergaulan bebas di tempat tugas mama sebagai Guru Agama SD itu, menjadi dasar atas berengut saya yang tak digubris. Analisis dan pemahaman saya sungguh sangat terlambat.

Wajah penyabar yang telah saya gelari pemarah itu, saya temukan tersenyum dalam tangis pada saat saya terjaga dari koma selama delapan belas hari. Hingga puluhan kali berikutnya saya harus diopname lagi, wajah sabar itu tetaplah begitu. Walau berikutnya banyak cerita mengalir dari tetangga, betapa panjangnya jalan dan perjuangan hingga saya sampai di rumah kembali. Perjuangan fisik, mental, dan finansial.

Hidup yang seperti roller coaster berpilin, tidak membuat kasih mama luntur dan kendur. Entah berapa puluh kali saya telah mengecewakan. Entah sudah berapa bukti terpampang bahwa saya bukanlah gadisnya yang sempurna dan dapat dibanggakan.

Berulang, ketika roller coaster itu sampai di tikungan, lalu menukik turun, saya menemukan pegangan. Pada mama. Di saat kereta luncur itu berada di pendakian, berbelok tajam ke kanan, lalu sebelum saya sempat mengambil keputusan untuk menyerah saja, kereta itu telah kembali masuk pada pendakian berikutnya. Hingga menjatuhkan saya dengan lemas di kursi 'pesakitan'.

Berikutnya, tangan mama-lah yang membereskan. Menyelesaikan tanpa bengkalai. Mengurai dengan sentuhan tak biasa. Hingga saya bangkit dan lebih siap untuk kembali menaiki roller coaster berikutnya.

Kartika itu telah menjadikan saya mencintai dapur dengan suguhannya. Yang menggiring saya tanpa paksa ke profesi mendidik sepertinya. Yang mengurung saya dalam keasyikan berliterasi sedari dulu. Yang menempa saya agar siap pakai, bertanggung jawab, dan tidak mudah menyerah dalam situasi apa pun.

Kartika itu, ciptaan paling kuat dan hebat. Kedahsyatannya melampaui batas nalar dan logika. Jadilah, saya masih dapat menyaksikan mama, kartika saya itu, tersenyum ketika nyeri kankernya meradang.

Kesabaran dan keikhlasan adalah kekuatan paling hakiki. Di sinilah saya mempelajari. Wanita sederhana itu telah mengajarkan hidup dalam diamnya.

Ibu adalah laut Maha luas dengan maaf tanpa batas. Tempat si kecilnya dapat tampil tanpa topeng, tanpa baju kebesaran, atau kursi kemahligaian. Ibulah rumah ternyaman bagi berpulangnya jiwa yang gundah dan kering.

Sungguh, Rasul-Nya telah maklumatkan dan tempatkan ibu di tahta tertinggi. Hingga rida Sang Pencipta tidak akan ada tanpa restunya. Surga tentu saja akan menjauh karenanya.

Ibulah kartika yang menjadi sumber hidup bagi kita. Bagi anak yang masih saja belum sempurna cintanya hingga ia telah di ambang senja. Semoga masih panjang waktu bagi kita membersamainya dalam kasih dan doa. Semoga.

Payakumbuh, 2 Januari 2021

Catatan:

kartika: bintang; benda langit yang dapat menghasilkan cahaya sendiri; matahari adalah salah satu jenis bintang;

roller coaster: wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus;

***

Biodata:

Yossa Rahmalia lahir di Koto Tangah Simalanggang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat pada 8 Januari 1981. Merupakan seorang pengajar di SMA Negeri 2 Kecamatan Harau (Boarding School). Email: [email protected] WA: 081374810243.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Membaca tulisan ini, mulut saya bungkam dan tidak bisa berkata-kata. Bunda Yossa, kaulah penulis terbaik. Saya mengagumi Ibu. Semoga sehat selalu. Aamiin

04 Jan
Balas

Masyaallah...saya bahkan merindukan bisa seperti Ibu. Dengan keluwesan, kecerdasan, dan talenta luar biasa. Citra perempuan pembangun. Doa yang sama untuk Ibu. Semoga Allah selalu memberkahi.

04 Jan

Keren,

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat selalu. Barakallah...

03 Jan

Selalu keren dan berisi...salut Buk Yosa

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Artikel penuh hikmah dan pembelajaran. Bahagia dan sehat selalu Bu Yossa. Barakallah.

04 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Doa yang sama untuk Ibu. Barakallah...

04 Jan

Subhanalloh

04 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

04 Jan

Barokallah Bu, tulisan yang indah dan sarat makna, swmoga sehat selalu ya Bu

03 Jan
Balas

Ya, Ibu. Doa yang sama untuk Ibu. Terima kasih telah mampir. Barakallah...

03 Jan

MasyaAllah, tulisan bergizi mencerdasakan pembaca bu... Terima.kasih sharingnya bu Yossa... Merindukan tulisan bermakna spt ini

05 Jan
Balas

Terima kasih juga telah berkunjung, Bu. Sehat dan sukses untuk Ibu. Barakallah...

05 Jan

Rindu baca tulisan ibuMantap..bernas

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses elalu. Barakallah..

03 Jan

bagus bund, semoga sukses

03 Jan
Balas

Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Barakallah...

03 Jan

Luar biasa tulisan bunda Yossa, semoga ibu dan kita semua sehat selalu

03 Jan
Balas

Aamiin...semoga Allah selalu menjaga Ibu juga. Barakallah...

03 Jan

Tulisan yg membuat aku terenyuh ibu...Semoga sehat selalu..

03 Jan
Balas

Aamiin...doa yang sama untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Keren. Peserta tercepat.

03 Jan
Balas

He...he...kebetulan sedang bisa menulis, Bu. Semoga Ibu setelah ini. Sehat dan sukses selalu, Bu. Barakallah...

03 Jan

subhanallah, sukses selalu

04 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Barakallah...

04 Jan

Mantap, Bu. Semangat. Salam literasi.

03 Jan
Balas

Salam literasi, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

tulisan yang sangat bagus...

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Ibu yang menerima kita apa adanya tanpa topeng. Tulisannya keren bu.

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Masyaallah..Luar Biasa Bu...

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Keren, layak jadi pemenang

03 Jan
Balas

Sehat dan sukses, Pak. Terima kasih telah mampir. Barakallah...

03 Jan

Tulisannya membuat ibu kagum terharu, sehat dan sukses selalu doa buat Yossa yg luar biasa hebat

03 Jan
Balas

Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Keren bu.terimakasih dapat ilmu dgn membaca tulisan ibu.smg sehat selalu bu

03 Jan
Balas

Terima kasih juga telah mampir, Bu. Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Barakallah...

03 Jan

Subhanallah.. tulisan bu yossa selalu indah dan membuat terhanyut saat membacanya.. semoga lolos bu. Salam sehat selalu untuk ibu

03 Jan
Balas

Aamiin...sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Kangen tulisan sekelas ini

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Wow... keren banget bu Yossa menuliskan bunda laksana kartika... tulisan yg apik dan ciamik... sukses slalu yaa Bu

03 Jan
Balas

Sukses juga untuk Ibu. Semoga senantiasa sehat. Salam untuk keluarga, Bu. Barakallah...

03 Jan

Barakallah...Selalu tersentuh dengan tulisan Bu Yossa...

03 Jan
Balas

Sehatkah, Ibu? Sukses selalu menjalani aktivitas. Terima kasih telah mampir, Bu. Barakallah...

03 Jan

Alhamdulillah bu Yossa...semiga ibu juga ya...

04 Jan

Alhamdulillah,,, bu yossa telah sehat. keren sekali bu.

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Tulisan yang bercita rasa tinggi, yang belum dapat ku tulis seperti ini. Semoga sukses bersamamu Bu Yossa..

03 Jan
Balas

He...he...Ossa pun tidak akan bisa mencapai peringkat lima besar seperti capaian Ibu. Sukses dan selalu menyenangkan membersamai Ibu. Barakallah...

03 Jan

Alhamdulillah, sungguh bahagia. Bisa menikmati tulisan Bu Yossa yang saya rindu sejak lama. Semoga Bu Yossa dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT. Sehat wal'afiat dengan rezeki yang berlimpah lagi barokah. Aamiin.

03 Jan
Balas

Aamiin...semoga Allah pun tiada putus memberkahi keikhlasan dan ketulusan Ibu. Doa yang sama juga untuk Ibu. Terima kasih telah menyempatkan mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Luar biasa tulisannya bunda...bergizi banget

03 Jan
Balas

Terima kasih telah menyempatkan mampir, ya, Bu. Sehat dan sukses untuk Ibu. Barakallah...

03 Jan

Karya bercita rasa tinggi...kereeen...Bu Yossa...sudah sehatkah? Smg dah pulih spt sedia kala. Amin yra

03 Jan
Balas

Aamiin...insyaallah. Terima kasih sudah mampir, ya, Bu. Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Barakallah...

03 Jan

Alhamdulillah..Keren sekali Bu .. semoga selalu sehat

03 Jan
Balas

Aamiin...sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Ah sedih bacanya...teringat ibu

03 Jan
Balas

Masih adakah ibu, Bu? Semoga beliau selalu dijaga Allah. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Alhamdulillah bu Yossa udah pulih kembali...ibunda dan anak yg sama2 kuat dan sabar...smoga keduanya sehat selalu..Aamiin

03 Jan
Balas

Aamiin...sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah menyempatkan mampir, Bu. Barakallah...

03 Jan

Alhamdulillah... berkesempatan membaca tulisan indah penuh makna karya Ibu Yossa

03 Jan
Balas

Terima kasih selalu menyempatkan mampir, Pak. Silaturrahim inilah, yang insyaallah, akan mengantarkan Bapak ke surga. Sehat dan sukses untuk Bapak. Barakallah...

03 Jan

Ulsan yang mantap Uni.....sukses selalu...

04 Jan
Balas

Terima kasih sudah mampir, Dek. Sehat dan sukses juga untukmu. Barakallah...

04 Jan

Untaian kata mengalir indah, keren bun

03 Jan
Balas

Untaian kata mengalir indah, keren bun

03 Jan
Balas

Terima kasih telah menyempatkan mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Dari dulu hingga kini, talenta yang luar biasa. Semoga sehat selalu dan sukses selalu, Yossa Rahmalia.

06 Jan
Balas

Insyaallah, Uni. Sehat dan sukses juga untuk Uni. Barakallah...

06 Jan

Keren sekali tulisannya

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Sehat dan sukses untuk Ibu. Barakallah...

03 Jan

Saya terpesonah bun...keren. salam

04 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

04 Jan

Keren selalu tulisan ibu.. salam bahagia

03 Jan
Balas

Salam bahagia juga untuk Ibu. Sehat dan sukses selalu. Terima kasih telah mampir, Bu. Barakallah...

03 Jan

Kangen dengan tulisan Bu Yossa yang selalu luar biasa. Salam sehat selalu.

03 Jan
Balas

Salam sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Masyaallah tulisan Bu Yosa selalu mantap dan keren. Ikut terhanyut dalam cerita saat membacanya. Semoga Bu Yosa selalu sehat. Salam Literasi dan sukses selalu.

04 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Barakallah...

04 Jan

Alhamdulillah Bu Yossa bisa menulis kembali. Kami selalu merindukan tulisan ibu yang sangat indah. Semoga selalu sehat

03 Jan
Balas

Aamiin...sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

MasyaAllah...keren Bunda

03 Jan
Balas

Sehatkah, Ibu? Terima kasih telah mampir. Barakallah...

03 Jan

MasyaAllah...keren Bunda

03 Jan
Balas

Menarik kisahnya bu, semoga masuk nominasi

03 Jan
Balas

Aamiin...terima kasih telah mampir, ya? Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Keren dan terharu membacanya. Salam kenal bunda. Izin saya follow. Semoga sukses.

03 Jan
Balas

Aamiin...sehat dan sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Barakallah...

03 Jan

Apa khabar ibuu, baru bertemu dengan tulisan ibu lagi...

03 Jan
Balas

Baik, Ibu. Sehat dan sukses selalu, ya, Bu. Selamat berhari Minggu.

03 Jan

Meski saya beberapa kali membaca ulasan-ulasan keren... namun baru satu kali ini menemukan dan membaca tulisan Ibu, sejujurnya saya harus katakan ini tidak lagi keren sungguh amat sangat keren... #Salam Literasi

04 Jan
Balas

Salam literasi, Pak. Terima kasih telah berkunjung. Selamat beraktivitas. Sehat dan sukses untuk Bapak. Barakallah...

06 Jan

Keren tulisannya bunda. Salam sehat dan sukses selalu.

05 Jan
Balas

Salam sehat dan sukses juga untuk Bapak. Terima kasih sudah berkunjung. Barakallah...

06 Jan

Tulisan ibu sangat keren....sastrawan sejati. Barokallah bu Yossa

08 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses untuk Ibu. Barakallah...

22 Jan

Keren. Menginspirasi.

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan

Semoga selalu diberi kebahagiaan ya, Bun.

04 Jan
Balas

Aamiin...terima kasih telah mampir, ya, Bu. Sehat dan sukses juga untuk Ibu. Barakallah...

04 Jan

Kereen

05 Jan
Balas

Terima kasih trlah berkunjung, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

06 Jan

Ulasan yang luar biasa bunda...keren.salam sukses selalu

03 Jan
Balas

Salam sukses juga untuk Ibu. Terima kasih telah menyempatkan mampir.

03 Jan

Ma sya Allah, untaian kata indah sarat makna, salam kenal ibu dan ijin follow..

03 Jan
Balas

Salam kenal juga, Bu. Terima kasih telah mampir, ya, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah..

03 Jan

Alhamdulillah uda sehat... Tulisan juga kere... Sukses slalu Bu

03 Jan
Balas

Sehat dan sukses juga untuk Bapak. Terima kasih telah mampir, ya, Pak. Barakallah...

03 Jan

Keren semoga sukses

03 Jan
Balas

Aamiin...sehat dan sukses juga untuk Bapak. Terima kasih telah mampir, ya, Pak.

03 Jan

Good...

03 Jan
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah...

03 Jan



search

New Post