Yossa Rahmalia

Menulis memberi napas dan energi baru. Penyedia ruang untuk tidak berhenti bermetamorfosis. Mengulik alam dengan segala titik peliknya. 'Belajar untuk menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGADATKAN TIMBAL (Edisi Tokoh-Ilmuwan Maurice Ward)

MENGADATKAN TIMBAL (Edisi Tokoh-Ilmuwan Maurice Ward)

Tantangan Hari ke-191

#TantanganGurusiana

Seorang ilmuwan amatir, Maurice Ward, pada tahun 1980-an, menemukan Starlite. Starlite adalah material kimia yang konon tidak bisa dihancurkan dengan mudah. Bahkan tidak lecet oleh bom nuklir sekali pun.

Bahan Starlite ini berbentuk plastik. Selain itu, disusun oleh material kompleks. Kombinasi ini terdiri atas 21 bahan polimer organik dan sedikit keramik.

Proses pengujian kekuatan Starlite adalah dengan melapisi sebutir telur dengan Starlite di bagian luarnya. Lalu telur tersebut dibakar dengan suhu 1200 derajat Celcius. Telur tersebut seperti tidak mengalami apa pun.

Kekuatan Starlite juga pernah dibuktikan pada pengujian lain. Telur yang dilapisi ditembak langsung dengan laser 10 ribu derajat Celcius. Ia pun bisa bertahan tanpa mengalami kerusakan.

Starlite memiliki beberapa keunikan. Starlite sangat ringan dan dapat dipalikasikan dengan berbagai bentuk (cair, pasta, atau padat). Selain itu, Starlite juga tidak beracun sama sekali.

Meskipun demikian hebat, banyak orang yang memandang material ini sebelah mata. Ward telah berupaya mengatakan bahwa bahan ini akan berguna. Namun sayang, kegigihannya dianggap angin lalu. Akhirnya, Starlite pun hilang bersama kematian Ward pada tahun 2011. (Sumber: https://www.boombastis.com/penemuan-krusial-hilang/45697)

***

Barangkali merupakan salah satu sifat manusia untuk sulit menerima sesuatu dari awal. Tabiat kita adalah menolak dan mencemooh warta saat disampaikan. Bahkan kadang menjadikan penyampainya musuh dan bulan-bulanan.

Bukankah tak elok perilaku menyudutkan dan merendahkan. Bahkan kita pun kadang belum sempat berpikir, apakah yang ditawarkan tersebut berguna atau tidak. Tanpa pikir, langsung dipegang prinsip: datang dan tolak.

Sungguh sikap ini tidak ilmiah. Seseorang yang mengandalkan akal dan budi akan menimbang dan mengendapkan yang didengarnya di otak. Diproses dan akhirnya melahirkan jawab yang penuh makna.

Kisah Maurice Ward mestinya jadi pembelajaran bagi banyak orang. Penolakan telah menjadikan kita dan generasi berikutnya merugi sepanjang masa. Sampai temuan itu bersua oleh orang yang berbeda. Itu pun jika ada.

Marilah mengadatkan timbal. Biasakan menimbang sebelum bertindak. Lazimkan berpikir sebelum bicara. Mari.

Payakumbuh, 26 Juli 2020

Catatan:

mengadatkan: menjadikan adat; membiasakan;

timbal: timbang; menimbang; imbang;

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif, sudah saya follow, follow balik ya

27 Jul
Balas

Terima kasih telah mampir, Bu. Saya sudah mem-follow Ibu sejak lama.

03 Sep

Great Miss Yossa, tulisannyo keren taruih

27 Jul
Balas

Sehatkah, Pak? Terima kasih telah mampir. Sukses untuk Bapak.

03 Sep



search

New Post