Yossa Rahmalia

Menulis memberi napas dan energi baru. Penyedia ruang untuk tidak berhenti bermetamorfosis. Mengulik alam dengan segala titik peliknya. 'Belajar untuk menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web
TEPERLUS SEBELUM MENGAMPUL (Edisi Tokoh-Ilmuwan Tom Ogle)

TEPERLUS SEBELUM MENGAMPUL (Edisi Tokoh-Ilmuwan Tom Ogle)

Tantangan Hari ke-189

#TantanganGurusiana

Fuel Injection adalah istilah yang ditemukan di industri otomotif. Teknologi ini akan menjadikan kendaraan bermotor lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Tentu saja hal ini akan menguntungkan pemakai.

Fuel Injection booming baru-baru ini. Namun sesungguhnya teknologi tersebut telah ditemukan pada tahun 1970-an oleh Tom Ogle. Ia merupakan seorang mekanik.

Teknologi temuan Ogle jauh lebih keren dibandingkan dengan temuan sesudahnya. Dengan teknologi yang dibuatnya, kita hanya membutuhkan satu liter bahan bakar untuk 42 kilometer. Hal ini telah diujinya. Sebuah mobil yang dikendarainya hanya butuh 7,5 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 322 kilometer.

Temuannya ditakuti oleh pengusaha minyak. Ogle pernah ditawari jutaan dolar agar tidak membuat mesin tersebut lagi. Namun Ogle menolak tawaran tersebut dengan tegas.

Akhirnya, pada tahun 1981, Ogle ditemukan tewas dengan kepala tertembus peluru. Sayangnya, cetak biru mesin injeksi Ogle hilang jejaknya. Benda tersebut tidak pernah ditemukan lagi.

(Sumber: https://www.boombastis.com/penemuan-krusial-hilang/45697)

***

Betapa mahalnya harga sebuah komitmen dalam memberikan kemudahan. Ogle mesti menebusnya dengan nyawa. Harga untuk penolakannya terhadap keuntungan perorangan dan golongan.

Pada hakikatnya menciptakan kemudahan bagi publik, juga sebuah ‘jihad’. Perang untuk memenangkan prinsip pro-rakyat dan banyak kalangan. Prinsip yang harusnya dipunyai setiap orang di berbagai profesi.

Ogle telah berpulang bersama temuannya. Tersisalah pembelajaran berharga untuk kita. Tak tergiur oleh limpahan harta sesaat, menjadikannya dikenang sebagai seorang mekanik yang teguh dan cerdas.

Walau temuannya tak sempat dinikmati, ia lahir sebagai pahlawan. Lahir dan memperkenal dirinya sebagai penemu kemudahan. Lalu tenggelam sebelum kejayaan hadir di genggaman. Ogle teperlus sebelum mengampul.

Keteguhan Ogle untuk tidak mengatasnamakan kepentingannya, memaksa kita merenung dan memikirkan. Seberapakah kita telah meletakkan publik di atas segalanya? Nilai jutaan dolar itu pun ditambah lagi dengan kehilangan hak hidupnya. Kehilangan berlipat untuk sebuah pemberian dan temuan.

Semoga tidak ada lagi Ogle yang lain. Semoga tidak ada lagi sejarah kelam. Teperlus sebelum mengampul.

Payakumbuh, 24 Juli 2020

Catatan:

teperlus: tenggelam; terperosok ke dalam lubang;

mengampul: menjadi besar; mengembang (seperti kacang direndam);

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya Bunda

03 Sep
Balas

Terima kasih juga telah mampir, Bu. Sehat selalu. Barakallah.

03 Sep

Luar biasa sa

03 Sep
Balas

Terima kasih telah mampir, Rini. Sehat dan sukses selalu. Bagaimana kabar keluarga di sana?

03 Sep

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

Sehat dan sukses, Bu. Terima kasih telah mampir. Barakallah.

03 Sep

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

Selalu keren bu...

02 Sep
Balas

kereeen buk Yossa

02 Sep
Balas

Terima kasih telah mampir, Pak. Sehat selalu.

03 Sep

sukses sll n ttp smgt ya

02 Sep
Balas

Insyaallah. Sukses juga untuk Bapak.

03 Sep

salam literasi

02 Sep
Balas

Salam literasi, Pak.

03 Sep



search

New Post