Yoyo suharti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 Pagar Bambu

Pagar Bambu

Aku masih asyik didapur, ketika ada suara yg berteriak didepan rumah..

" Bu. Buu.., buuuuu..!!! "

Bergegas aku langsung keluar. Siapa bertamu..? Ya Allah harusnya ucapkan salam dulu, tidak langsung tancap gas seperti ini, batinku dalam hati.

Kulihat seorang bapak sekitar tiga puluh tahunan berdiri didepan rumahku.

" Ya pak, ada apa..? " Balasku pelan. Aku tidak mengenal orang ini, menggendong anak kecil, dan kelihatan kebingungan. Sejenak pikiranku agak parno., Jangan-jangan...?

Hmm, Musim begini, kadang pikiranku banyak mengarah ke yang negatif, apa-apa kuhubungkan dengan ketakutan., Cukup berlebihan sebetulnya.

" Bu, boleh saya minta daun saganya..? Anak saya batuk ga sembuh-sembuh Bu.." Kata orang itu dengan mimik ragu, mungkin karena melihat diwajahku ada semburat kecurigaan.

Owh,. Ternyata..

Daun saga, ya hanya daun saga..

Entah ada apa dengan daun saga ini, daun saga yang tumbuh di sepanjang pagar rumahku ini. Pagar bambu yang mulai dinaiki rayap menurutku, sungguh beda dengan pagar -pagar sekitar rumahku yang kokoh dan kekar..

Tapi entah, aku merasa nyaman saja, biarpun pagar bambuku kelihatan jomplang( bahasa apa ini..?) dengan keadaan disekitar lingkunganku.

Jauh sebelimnya ada saudara yang meminta daun ini, seorang ustad dan dosen di universitas swasta di Tangerang, menurutnya Aisyah anaknya waktu bayi suaranya tidak ada, ada tapi sangat parau. Ternyata dengan diberi daun ini Aisyah bisa bersuara keras, sampai sekarang.

Beberapa kali pohon saga yang merambat ini dibabat habis, oleh orang yang meminta untuk obat katanya, tapi alhamdulillah pohon ini masih tumbuh dan tumbuh lagi, bahkan kemarin dimusim kemarau panjang pohon ini menghampar dipagar bambu rumahku. Bentuk daunnya yang kecil, hijau agak kekuningan, sejuk dipandang mata.

Setiap hari ada saja orang yang membutuhkan, sekitar dua atau tiga orang yang datang meminta daun ini. Ya, dengan senang hati aku malah menyilahkan orang buat mengambilnya, apalagi ini bermanfaat untuk meringankan penyakit Alhamdulillah..

Daripada selalu jadi tanya apa manfaat daun ini, dan kenapa orang banyak yang membutuhkan aku coba mencari jawabnya.

Menghilangkan keingintahuanku,, Ternyata daun saga dapat mengobati batuk, mengatasi sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi panas dalam, meredakan hipertensi, mengobati sakit mata, dan melembabkan dan mencerahkan kulit, menebalkan dan menyuburkan rambut, menghalau penuaan dini, itu kudapat dari sumber di internet.

Ternyata berbagai manfaat daun saga rambat ini berkhasiat untuk menyembuhkan dan meringankan berbagai penyakit,.

Memang banyak memberi manfaat, tapi bukan tidak mungkin jika dipakai berlebihan juga akan menimbulkan efek samping menurutku.

Bisa jadi,. Barangkali dengan pemakaian sesuai takaran dan tidak berlebihan bisa meringankan berbagai penyakit tersebut.

Tetap disitu ya saga'ku, tumbuh subur dipagar bambu..

Menebar banyak manfaat buat yang membutuhkan..

Salam..

Gunung Sindur, 13-04-20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post