yoza fitriadi

Nama saya Yoza Fitriadi. Seorang guru kimia di SMK S3 Idhata Curup, Bengkulu ...

Selengkapnya
Navigasi Web

REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Oleh: Yoza Fitriadi, S.Pd., Gr. SMK S3 Idhata Curup CGP Angkatan 7 Kab. Rejang Lebong Prov. Bengkulu

A. FACTS (PERISTIWA)

Kegiatan dimulai pada tanggal 22 November 2022, aktivitas berawal dengan mempelajari modul 1.3 yaitu tentang VISI guru penggerak. Modul 1.3 ini membahas tentang bagaimana merumuskan sebuah visi murid impian dan tahapan berwujud BAGJA. Menarik untuk dipelajari, karena berkaitan langsung dengan upaya untuk mewujudkan cita-cita murid dan sekolah impian.

Pada hari yang sama, fasilitator kami yakni bapak Purwanto meminta untuk menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dengan mengajukan pertanyaan di LMS lewat refleksi mandiri dan eklsplorasi konsep.

Pada hari rabu, 23 November 2022, dilakukan penuangan visi murid impian. Adapun visi murid impian yang saya dapatkan adalah “MURID YANG CERDAS DAN TERAMPIL, BERKARAKTER SERTA BERDAYA SAING GLOBAL”. Keesokan harinya dilakukan pemahaman lebih tentang inkuiri apresiatif.

Kemudian pada tanggal 25 November 2022 dilangsungkan kegiatan diskusi di ruang kolaborasi 1.3. Pada pertemuan ini, saya bersama pak Mora, Pak Pio, pak Gandi dan Bu Rita membuat karya yang berisi visi dan prakarsa perubahan yang dipilih. Di bawah bimbingan pengajar praktik pak Vic Nanang didapatlah konsep karya berupa powerpoint yang siap dipresentasikan tentang visi dan prakarsa perubahan yang dituangkan dalam BAGJA.

Pada hari senin, 28 November 2022 dilanjutkan dengan agenda agenda presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok. Kegiatan berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan kegiatan refleksi yang dipimpin oleh fasilitator pak Purwanto. Pada sesi ini saya sendiri berperan sebagai presentator.

Pada hari Kamis, 1 Desember 2022 diakhiri dengan kegiatan diskusi virtual di ruang Elaborasi pemahaman bersama instruktur nasional yaitu Bapak Aditya Dharma. Pemaparan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas dan rinci sehingga memberikan banyak pencerahan dari pertemuan virtual ini ditambah dengan sesi tanya jawab yang lugas.

B. FEELINGS (PERASAAN)

Ada rasa yang luar biasa tatkala merumuskan visi. Visi murid impian yang dibuat haruslah sesuai dengan impian. Tak perlu muluk-muluk namun benar-benar harus aperesiatif dengan berbagai kondisi yang ada.

Pada modul ini juga bertepatan dengan hari guru nasional. Bahkan perayaan tanggal 25 November 2022 juga dilangsungkan tatap maya untuk kolaborasi. Di moment inilah muncul kecintaan dan komitmen lebih untuk mewujudkan murid sesuai dengan profil pelajar pancasila.

C. FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Visi merupakan impian jangka panjang untuk mencapai tujuan. Saya sangat berharap siswa dapat cerdas secara keilimuan terampil secara skill sesuai dengan kompetensi kejuruan yang dimiliki. Selain itu juga memiliki karakter mulia sesuai dengan budaya ketimuran dan termaktub dalam profil pelajar pancasila yakni (1) Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME serta Berakhlak Mulia, (2) Berkebhinekaan Global, (3) Mandiri, (4) Bergotong Royong, (5) Bernalar kritis, dan (6) Kreatif. Serta dapat berdaya saing global sesuai dengan perkembangan era globalisasi baik itu di dalam maupun luar negeri.

Harapan ini sangat penting untuk dijadikan visi, karena dengan adanya kecerdasan dan keterampilan dapat menjadi pijakan dalam menapaki dunia kerja atau bangku perkuliahan setelah mereka menyelesaikan bangku sekolah. Kemudian ditopang dengan karakter mulia berdasarkan profil pelajar pancasila bisa menjadikan generasi yang berbudi luhur. Serta berdaya saing global dapat menjadikan generasi bangsa ke depan semakin tangguh dan diperhitukan oleh dunia.

Untuk mewujudkan visi ini dibutuhkan adanya pendekatan inkuiri apresiatif. Bermula dari visi kemudian dilanjutkan dengan pembuatan prakarsa perubahan. Lalu barulah dirumuskan dalam tahapan BAGJA yakni buat pertanyaan utama, ambil pelajaran, gali impian, jabarkan rencana dan atur eksekusi. Tahapan ini akan selalu dinamis menyesuaikan dengan perubahan apa saja yang telah dilakukan.

D. FUTURE (PENERAPAN)

Penerapan ke depan perlu dilakukan dengan seksama. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah:

· Menjalankan tahapan BAGJA

· Berusaha mewudujkan visi yang telah dirumuskan

· Mengevaluasi ulang BAGJA yang telah disusun sebelumnya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

09 Dec
Balas



search

New Post