Yuda Amelia Winta, S. Pd

Seorang tenaga pengajar Fisika di SMA N 1 Gunung Talang Kab. Solok Sumatera Barat, ibu dari 3 orang putri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Profil SMAN 1 Gunung Talang (TM Ke-241)

Profil SMAN 1 Gunung Talang (TM Ke-241)

SMAN 1 Gunung Talang adalah sekolah yang terletak di Desa Pasar Usang Kenagarian Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Lokasi sekolah ini berada di pinggir jalan raya Solok – Padang yang berjarak lebih kurang 8 Km dari pusat Kota Solok dan 5 Km dari Pusat Kota Kabupaten Solok (Aro Suka) sehingga sekolah yang berdiri diatas sebidang tanah seluas lebih kurang 16.450 m2 ini cukup mudah diakses.

Sebelum sekolah ini didirikan, para siswa tamatan SLTP yang berdomisili di daerah Cupak dan sekitarnya melanjutnya pendidikan mereka ke SMA Negeri 1 Solok. Satu-satunya Sekolah Menegah Atas yang terdekat pada saat itu. Dengan bertambahnya beberapa SMP baru, maka kesempatan diterima di sekolah itu makin berkurang.

Sebenarnya masih ada dua sekolah lain yang terletak di Kabupaten Solok, yaitu SMA negeri Muara Labuh (SMA Negeri Sungai Pagu) untuk daerah Kabupaten Solok bagian Selatan dan SMA Negeri 1 Singkarak untuk daerah Kabupaten Solok bagian Utara. Hanya saja jaraknya yang terlalu jauh.

Berdasarkan kenyataan tersebut, sudah memungkinkan adanya sebuah SMA Negeri di bagian tengah Kabupaten Solok yang siswanya berasal dari Kecamatan Gunung Talang, Kecamatan Lembang Jaya, Bukit Sundi, dan kecamatan Kubung. Akhirnya dari pantauan dan berbagai pertimbangan, maka lokasi yang dianggap tepat adalah di Desa Pasar Usang Cupak.

Unit Gedung Baru (UGB) yang berdiri di Desa Pasar Usang ini dibangun melalui Proyek Peningkatan SMA Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 1982/1983. Sebelum pembangunan UGB, awal tahun pelajaran 1982/1983 SMA Cupak yang merupakan kelas jauh dari SMA Negeri Solok sudah mempunyai sekitar 115 orang siswa yang untuk sementara belajar di Gedung Eks SD No. 1 Cupak (MTs Muhammadiyah Cupak sekarang) selama 1 tahun.

Solok, 23 September 2021

Gambar : diambil dari google

Tantangan menulis hari ke-241, tulisan ke-425

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post