Yudi Aryanto

Adrianus Yudi Aryanto lahir di Baturaja, 15 Januari 1969. Saat ini tinggal di Kota Bandung. Lulusan Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI jurusan Bahasa dan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Apa yang Perlu Ditulis?
Ilustrasi: Dokumen Pribadi

Menulis Apa yang Perlu Ditulis?

Menulis: Apa yang Perlu Ditulis?

Oleh: Yudi Aryanto

Ketika memulai menulis, apa saja yang perlu ditulis? Untuk menjawab pertanyaan pendek ini, tentu saja saya sudah mulai menghimpun beberapa tujuan tentang "mengapa saya harus menulis?" Nah, dari sinilah biasanya saya memulai sebuah tulisan.

Anggaplah saja saya mau menulis laporan mingguan KBM. Tentu saja saya harus menyiapkan jadwal mengajar dan materi pelajaran yang sudah diajarkan selama seminggu. Saya sampaikan detail temuan masalah yang dialami siswa dalam menyerap materi. Lalu, saya sampaikan dengan gamblang dan lengkap dalam bagian kolom yang memuat kendala dan cara mengatasinya.

Dari rutinitas menulis laporan ini, biasanya saya menemukan gagasan untuk dituliskan. Ragam tulisan pun bisa berupa apa saja. Di antaranya, artikel ringan, kolom, opini, puisi, cerpen, dan PTK.

Pertanyaan kedua, mengapa saya harus menuliskannya? Bagi saya, tujuannya berbagi kebaikan dan wawasan (baca= pengalaman).

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Tentu saja data-data pendukung, bisa berupa foto-foto dan catatan kejadian. Kedua hal tersebut penting sebagai pengingat ketika akan disajikan ke dalam tulisan. Anggap sebagai pemandu pikiran.

Maka, sungguh penting sebuah catatan dan jepretan kamera sebagai dokumen penunjang.

Salah satu pengerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah. (Buya Hamka)

_Tanimulya, 7 Mei 2023_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post