Yudi Yurnalis

Seorang dokter hewan di dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan kota bekasi provinsi jawa barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aman, Sehat,  Utuh dan Halal (ASUH)
Dok. Pribadi

Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH)

Tak terasa kurang dua pekan lagi kita akan menyelenggarakan Ibadah Kurban. Berbagai tempat/lapak Penjualan Hewan Kurban mulai banyak ditemukan di pinggir jalan. Beberapa bangunan lapak ini teramat sederhana dan kurang nyaman bagi hewan ternak. Maka tak heran jika ada saja satu atau dua ekor hewan ternak yang sakit.

#

Mas Gani (red.nama samaran) salah satu pedagang hewan kurban memberi kabar bahwa ternaknya sakit dan minta untuk segera diobati. Aku pun langsung bergegas dan tak sengaja bertemu dengan petugas Bhabinkamtibmas di lokasi. Kolaborasi yang baik kami segera mengecek kelengkapan dokumen seperti surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal ternak, surat jual beli hewan ternak serta dokumen terkait lainnya.

#

Setelah semua ok. Aku segera melakukan pemeriksaan kesehatan hewan terhadap ternak yang sakit. Ditemukan 2 ekor sapi yang sakit. Sapi pertama menunjukan gejala demam dengan suhu 40 derajat celsius dan anoreksia (kurang nafsu makan). Sedangkan Sapi yang kedua hanya anoreksia saja tanpa disertai demam. Tak lama kemudian Pak Kris (red nama samaran) salah satu calon pembeli pun bertanya kepada saya. "Maaf Pak Dokter, sapi nya kok di chek dengan termometer dan stetoskop? " tanya dengan raut wajah heran. Lalu secara spontan sapi pun menjawab "Karena kami sama dengan manusia, harus segera berobat dan diperhatikan dengan baik agar kami selalu aman, sehat , utuh dan halal (ASUH) saat dikonsumsi nanti.. " Bisik Sapi kepada saya. Hehehe pesan sapi pun segera saya sampaikan kepada Pak Kris dan Mas Gani juga Pak Polisi.

#

Bekasi, 15 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, mengerti bahasa sapi ni hehe.... Smg semuanya sehat sampai qurban nanti

15 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih Ibu

15 Jun

Semoga sampai hari H yang sudah di rencanakan untuk berkurban aman dan halal

15 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih Ibu Guru

15 Jun

Wauw...keren bgt mas dokter. Yg akan mengonsumsi daging pasti yakin stlh ada giat ASUH nya. Sukses sllu

15 Jun
Balas

Terima kasih Bu Guru. Sama sama semoga Ibu Sukses selalu. Aamiin

15 Jun

Luar biasa, pak Dokter bisa berkomunikasi dengan bahasa satwa. Keren Pak

15 Jun
Balas

Iya Pak. Hanya merasakan instingnya saja. Di ilmu kedokteran hewan. Dikenal dg Istilah Five Freedoom. Hewan harus bebas dari sakit, bebas dari lapar/haus, bebas dari takut/stress, bebas dari ketidaknyaman, bebas mengekspresikan sesuai dg kebiasaan alaminya

16 Jun

Hehe... sapinya bisa bisik-bisik. ada bisikan lain ga ya.... Salam bahagia.

15 Jun
Balas

Iya Ibu. Cuma anekdot. Makasi Ibu atas kunjungannya. Salam bahagia kembali

15 Jun



search

New Post