Yuki Librilianti

Aku lahir di Jakarta 38 tahun yang lalu, melanjutkan sekolah menengah atas di SMAN 1 cianjur kemudian mengenyam bangku kuliah Diploma tiga di Universitas Padjad...

Selengkapnya
Navigasi Web
Review Pedoman Konservasi dan Revitalisasi Bahasa
konservasi; revitalisasi; bahasa

Review Pedoman Konservasi dan Revitalisasi Bahasa

Negara Republik Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan bahasa, berbagai macam dialek yang menjadi ciri bahasa suatu daerah yang ada di Indonesia mencerminkan etnis suku bangsanya. Namun seiring dengan jaman budaya bahasa daerah tersebut hampir punah oleh karenanya menurut UNESCO (United nations Educational, Scientific and Cultural Organization, 2010) mengingatkan bahwa ketika sebuah bahasa punah, dunia kehilangan warisan yang sangat berharga, sejumlah besar legenda, puisi, dan pengetahuan yang terhimpun dari setiap generasi akan ikut punah. Banyak upanya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk melestarikan bahasa ini dan memiliki payung hukum yang terdapat dalam UU RI No. 24/2009 dan PP No. 57/2014. Untuk memaksimalkan perlindungan bahasa daerah maka Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai representasi pemerintah dalam koordinasi pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa menyediakan perlindungan bahasa tersebut. Salah satunya berupa buku pedoman konservasi dan revitalisasi bahasa. Adapun keduanya saling berkaitan dan berjalan secara berkesinambungan, serta diharapkan para pemangku kepentingan mendapatkan acuan kerja dalam perlindungan bahasa daerah di wilayahnya masing-masing. Sekian review yang dapat saya sampaikan dari konten rumahbelajar.id. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

http://rumahbelajar.id/product?id=NWQwMWViZDU1NWJmMWY3NDVhNzFkZjc0
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing

07 Nov
Balas



search

New Post