Neni Muchtiar

Seorang PNS yang suka menulis dan belajar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Abdi Negara Dalam Cerita (2)
Pribadi

Abdi Negara Dalam Cerita (2)

Kerja Berat Terasa Indah

Setiap perangkat daerah mempunyai kesibukan yang berbeda. Ada yang padat,  ada yang stabil dari hari ke hari,  ada yang padatnya pada waktu tertentu dan ada yang bekerja dikejar waktu. Tetapi semua akan menyenangkan kalau dinikmati, dan hubungan kerja  ke atas, ke bawah dan ke samping terjalin baik.

Empat tahun bekerja sebagai Kepala  Bidang Anggaran DPKAD memberikan nuansa tersendiri. Penyusunan APBD  butuh koordinasi yang tinggi dengan jadwal kerja bisa dua puluh empat jam, bekerja  cepat, dan tepat.

Jadwal penyusunan APBD sudah diatur dalam Permendagri. Tapi kesibukan eksekutif dan legislatif menyebabkan pekerjaan ini sering diburu waktu sehingga kami sering melakukan pembahasan di DPRD  sampai larut malam. 

Tahun 2011- 2015, internet perangkat daerah di kota Padang juga belum selancar sekarang dan masih dikelola masing-masing SKPD.  Bagi yang internetnya lelet, mereka melakukan pengentrian di DPKA.  

Untuk bisa menyelesaikan RKA tepat waktu mereka bisa bekerja sampai larut malam di DPKA, yang tentunya harus kami kawal.

Kadang-kadang di injury time  ditemui anggaran SKPD bermasalah. Bisa kurang atau berlebih dari pagu yang ditetapkan. Walaupun hari sudah larut malam SKPD tetap kami konfirmasi.

Ada yang bilang,"Buk,  udah tengah malam. Kami dah tidur nih." Kami jawab,"Di sini masih siang Pak." Dalam kondisi tersebut bagi kami siang dan malam sama saja. Yang penting APBD selesai

Seringnya saya pulang malam menyebabkan orang tua juga cemas. "Neni, jerat tidak akan pernah lupa pada balam. Balam sering lupa pada jeratnya. Hati-hati pulang malam," begitu alm. Papa selalu mengingatkan.

Pulang kantor jam 1,2,3 atau bahkan jam.8  pun pernah kami jalani. 24 jam bekerja di kantor. Walaupun begitu bidang anggaran  merupakan salah satu tempat favorit saya. Walaupun jadwal padat,  kami punya hubungan kerja yang sangat bagus baik di bidang sendiri, dengan skpd lain, atasan, TAPD ataupun  dengan DPRD.

Kebersamaan, harmonisasi, komunikasi dan koordinasi yang baik menjadikan pengalaman di jabatan ini terasa indah. Yang berat menjadi ringan, yang kusut  dapat diurai.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya

31 Oct
Balas

Luar biasa

31 Oct
Balas



search

New Post