Yulia Nova Rina

Seorang gadis Minang lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Menggeluti bidang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), meliputi: autis, gangguan perilaku, gangguan intel...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatihan Sagusabu di SMPN 30 Jakarta

Pelatihan Sagusabu di SMPN 30 Jakarta

Sebagai guru di Indonesia, siapa sih yang tidak mengenal Sagusabu (Satu Guru Satu Buku). Pelatihan menulis buku yang dikemas dalam workshop menarik, serius tapi santai ala Pak Ihsan dan Pak Eko. Pada akhirnya, hari Sabtu dan Minggu, 5-6 November 2022 saya berkesempatan hadir dan mengikuti pelatihan Sagusabu di SMPN 30 Jakarta.

Sabtu pagi yang cerah, saya memasuki ruangan Aula SMPN 30 Jakarta dengan penuh semangat. Hawa dan suasana ruangan yang sangat bersahabat. Terasa ilmu baru yang akan mengalir memenuhi kehausan pikiran. Bismillaahir rahmaanir rahiim dan doa sebelum belajar meluncur dari mulut saya tanpa suara.

Pelatihan menulis dimulai dengan motivasi oleh Bapak Mohammad Ihsan. Video, kisah, dan pengalaman yang utuh dan menyentuh. Membuat mata berkaca-kaca, dan membuat bulu tubuh merinding karena salut atas perjuangan-perjuangan mereka yang menulis lebih dahulu. Meninggalkan jejak dan manfaat, meski raga sudah tidak berada di dunia fana ini.

Dan pelatihan semakin seru dipandu oleh Bapak Eko Prasetyo. Materinya padat berisi, diselingi guyonan yang membuat suasana hangat dan mencair. Pelatihan yang diadakan dari pukul 08.00 - 15.00 WIB tidak terasa sama sekali. Pukul 15.00 datang tanpa kami sadari, seperti tidak mau berhenti mendapatkan ilmu dari Pak Eko.

Ada hal yang masih kurang dalam pelatihan ini, yaitu kedisiplinan peserta pelatihan. Padahal jika kita semua disiplin, waktu tidak akan terbuang percuma.

Hari ini berakhir dengan baik, semoga besok lebih baik. Salam literasi.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post