Yulianti

Guru BK di SMAN 1 Tanjungpandan Belitung (Setiap anak adalah pribadi yg unik..) ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tanggung jawab dan Peduli

Tantangan Hari ke 5

#TantanganGurusiana

Tanggung jawab dan Peduli

Hari jumat ini kegiatan disekolah diawali dengan apel pagi, lalu persiapan untuk pengisian Sensus Penduduk Online dari BPS Belitung. Khusus hari ini semua siswa boleh membawa HP. Para ibu guru dan pegawai perempuan mengikuti senam aerobic di gedung serbaguna Smansa dipimpin oleh ibu Zaina. Kegiatan jumat bersih dipimpin oleh Pembina 7K. Semua melakukan kegiatannya masing-masing sampai waktu istirahat tiba. Pukul 09.15 anak-anak istirahat, ada yang ke kantin, ada yang makan bekal dari rumah, ada yang duduk-duduk di depan kelas sambil ngobrol, ada juga yang membaca buku. Setiap jajan di kantin, anak-anak harus membawa gelas dari rumah. Selain untuk mengurangi sampah plastik, hal itu juga melatih mereka disiplin dan bertanggung jawab atas barang-barang milik mereka sendiri. Siswa yang tidak membawa gelas dari rumah, mereka memakai gelas yang disediakan kantin. Seringkali gelas atau mangkok yang dibawa ke kelas, lupa dikembalikan ke kantin. Ada saja siswa yang kurang peduli akan hal yang telah dilakukannya, seenaknya atau cuek aja. Disinilah tugas kami sebagai gurunya untuk mengingatkan, walaupun setelah diingatkan mereka tidak langsung mengerjakan. Butuh kesabaran ekstra, karena yang dihadapi adalah remaja generasi milenial.

Pukul 11.00 bel waktu pulang sekolah berbunyi, anak-anak segera keluar kelas dengan gembira karena hari ini pulang lebih cepat dari hari sebelumnya yaitu jam 15.10 untuk kelas 10 dan 11 dan jam 16.10 untuk kelas 12. Siswa laki-laki sesuai jadwalnya ada yang masih tetap berada di sekolah untuk sholat Jumat. Mereka yang tidak pulang, biasanya sudah membawa baju ganti untuk sholat jumat. Jumat kali ini kalau tidak salah jadwal kelas 10 yang sholat Jumat di mushola sekolah. Untuk sholat jumat secara bergantian setiap minggunya siswa laki-laki kena giliran sholat jumat di sekolah. Untuk siswi ada kajian jumat (keputrian), ini juga terjadwal kelas 10, 11 dan 12. Setelah sholat jumat, kelas 10 masih melanjutkan kegiatan pramuka. Kegiatan ini juga harus sering di kawal, karena akhir-akhir ini siswa kelas 10 hanya sedikit yang ikut pramuka. Banyak alasan mereka ketika ditanya mengapa tidak datang pramuka. Semua itu kembali lagi pada diri masing-masing siswa bagaimana dia mempertanggung jawabkan semua kegiatan yang harus diikutinya, dan peduli pada lingkungan sekolahnya.

#salamJumatBarokah

@28022020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

28 Feb
Balas



search

New Post