YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aktivitas kedua P5 Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya di SMPN 4 Campaka

Aktivitas kedua P5 Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya di SMPN 4 Campaka

#tagur 365 hari ke-018

#tulisan ke 379

AKTIVITAS 2:

(Self Awaresess : Kesadaran Diri)

EKSPLORASI ISU

Peran pendidik sebagai Narasumber dan fasilitator

Kami mendatangkan juga Narasumber yang ahli di bidang kesehatan yaitu Petugas Puskesmas Kecamatan Campaka (bidan desa, perawat kesehatan dan ahli gizi).

Waktu: 4 JP

Materi/media: slide presentasi, artikel, video, brosur.

PERSIAPAN:

Pendidik mencari artikel atau video tentang kesehatan pada remaja.

Mempersiapkan susunan acara presentasi dan diskusi juga pemeriksaan kesehatan pelajar.

PELAKSANAAN:

Pendidik mengulas pertemuan sebelumnya terkait kesehatan siswa.

Pendidik membagikan artikel, brosur serta penayangan film mengenai kesehatan remaja.

Setelah membaca artikel, brosur, dan melihat tayangan video film pendek, siswa dipandu untuk mendiskusikan hasil eksplorasi isu secara berkelompok. pendidik dapat memandu diskusi peserta didik dengan menanyakan beberapa pertanyaan (sesuai isu/topik yang diangkat):

1. Apakah kalian melakukan prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dan dirumah?

2. Apakah kalian mengetahui apa saja yang termasuk prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah?

3. Apa dampak gangguan kesehatan yang kalian alami terhadap kegiatan di sekolah?

4. Apa yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang kamu alami?

Peserta didik menampilkan hasil eksplorasi nya dengan presentasi.

Dalam aktivitas ini narasumber menjelaskan bahasan terkait masalah kesehatan hidup bersih dan sehat pada remaja secara umum. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan.

Sebagai pengayaan, pendidik kemudian dapat mengangkat isu yang berbeda dan memberikan pertanyaan sesuai tema saat melakukan aktivitas ini contoh : depresi, bullying, penggunaan narkoba, merokok pada masa remaja, atau miras.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu, Proyek P5ny. semoga sukses!

18 Jan
Balas



search

New Post