YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web
AKTIVITAS PERTAMA P5 TEMA BHINEKA TUNGGAL IKA

AKTIVITAS PERTAMA P5 TEMA BHINEKA TUNGGAL IKA

#tagur365 hari ke-002

#tulisan ke-364

Topik: Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan.

PERMAINAN SARUNG DAN OTOT

3jp.

Alat dan Bahan : Sarung, dua buah hadiah (bebas), Jurnal harian, dan modul projek.

AKTIVITAS:

1. Guru mempersiapkan permainan ini dilapangan, dan mempersiapkan sarung dan dua hadiah yang sudah disimpan didua arah yang berbeda.

2. Guru akan meminta dua orang yang berperan, mengikat pinggang mereka dengan sarung sambil berbalik arah dengan jarak satumeter, dan 2 meter masing-masing hadiah yang akan mereka dapatkan.

3. Skenario satu, bagaimana agar mereka bisa mendapatkan hadiah mereka masing-masing.

4. Skenario dua, bagaimana agar mereka bisa mendapatkan hadiah dengan tanpa saling menyakiti.

REFLEKSI:

1 Setelah melaksanakan permainan sarung dan Otot, Guru mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya sebagai berikut:

a. Apakah konflik menyebabkan hubungan menjadi rusak?

b. Mengapa konflik menyebabkan hubungan pertemanan/persaudaraan menjadi rusak? apa akibat dari terjadinya konflik?

2. Guru meminta peserta didik untuk menuliskan jawabannya dijurnal/ buku catatan masing-masing sebagai bahan refleksi.

KONSEP:

1. Guru akan meminta peserta didik berbagi hasil refleksinya tentang:

*Bagaimana konflik bisa terjadi?

*Apa saja akibatnya?

* Bagaimana agar konflik bisa diselesaikan?

2. Guru memberikan simpulan dari sesi pembelajaran ini baik hasil sharing atau membagikan materi simpulannya dalam bentuk sinopsis yang sudah tersedia dalam jurnal atau dalam bentuk video.

APLIKASI:

1. Untuk mempraktikan pembelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari, beri peserta didik misi untuk dikerjakan secara mandiri, sebagai berikut:

* Mintalah peserta didik untuk menuliskan poin-poin penting dari pembelajaran ini bisa dikemas menggunakan poster atau mind map.

* Lakukan self asessment

Apakah permainan sarung dan otot berhubungan dengan kehidupan sehari-hari?

lalu minta anak menuliskan pengalamannya. dalam bentuk narasi.

Itulah aktivitas pertama P5 tema bhineka tunggal Ika di sekolah kita SMPN 4 Campaka.

bersambung....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

02 Jan
Balas

Salam literasi bapak semoga sukses buat bapak

02 Jan

Mantap, P5 sukses, karakter siswa meningkat

02 Jan
Balas

Benar bapak, terimakasih salam literasi

02 Jan

Mantap, P5 sukses, karakter siswa meningkat

02 Jan
Balas

Mantap

02 Jan
Balas

Terima kasih bun

02 Jan

Kegiatannya asyik dan menyenangkan lalu ada nggak yang bisa meraih hadiah?

02 Jan
Balas

Iya bunda ternyata anak-anak pandai bekerjasama heee dengan strategi jitu akhirnya mereka mendapatkan hadiah tanpa saling menyakiti.

02 Jan



search

New Post