YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web
GAMES BANGUN MENARA

GAMES BANGUN MENARA

#tagur365 hari ke-003

#tulisan ke-364

Aktivitas 5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bhinneka Tunggal Ika

Games Bangun Menara

3JP

Alat dan Bahan : Modul, 4 buah balpen dan koran bekas.

Persiapan:

Bagi kelompok menjadi 2 tim setiap tim diberi 4 buah balpen (untuk dibuat menara dan koran bekas (untuk Senjata)

Setiap tim berbagi tugas (ada bagian membangun menara dan ada yang menyerang)

AKTIVITAS :

1. Aktivitas ini diawali dengan permainan bangun menara.

2. Setiap tim diberi waktu 5 menit untuk membangun, dan tim lain menyerang dengan senjata koran.

3. Setelah 5 menit hentikan permainan, untuk cek siapa yang berhasil. Biasanya tidak ada yang berhasil pada sesi ini.

4. Putaran kedua, masing-masing membangun menara, bedanya sekarang gencatan senjata tidak ada yang menyerang.

REFLEKSI :

1. Setelah bermain membangun menara Guru mengajak peserta didik berefleksi dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

a. Apa dampak yang ditimbulkan dari games tersebut?

b. Apakah ada yang berhasil membangun menara tinggi? Mengapa?

c. Apakah selama perang peserta didik mentaati peraturan?

d. Setelah gencatan senjata, apakah masih ada yang melanggar?

KONSEP :

1. Guru menyampaikan inti pelajaran tentang dampak dari konflik berdasarkan hasil refleksi dari games bangun menara, poin-poin inti pelajaran yang disampaikan sebagai berikut:

* Konflik menghasilkan 3 buah kerugian, yaitu kekacauan, kehilangan, kesempatan untuk berdamai, dan rasa no good atau perasaan takut. (Amalee, 2007)

APLIKASI

1. Setelah bermain games bangun menara dan memahami inti pelajaran tentang dampak dari konflik, coba kamu berikan contoh dari kehidupan nyata yang menunjukkan 3 buah busuk kekerasan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Penasaran akan reaksi murid dalam menjawab pertanyaan

03 Jan
Balas

Seru bunda. Terimakasih salam literasi

04 Jan



search

New Post