YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web

Koneksi Antar Materi Kesimpulan dan Refleksi pemikiran Ki Hajar Dewantara

#tagur365 hari ke-008

tulisan ke 369

Yulianti, CGP angkatan 6 SMPN 4 Campaka

Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran KHD - Modul 1.1

1. Apa yang sebelumnya saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum mempelajari modul 1.1?

* Sebelum mempelajari modul 1.1 tentang refleksi filosofis pendidikan KHD, saya merasa pembelajaran sudah berhasil dan tercapai tujuan jika siswa sudah mempunyai nilai diatas KKM (kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan.

* Pembelajaran lebih banyak menuntut nilai akhir tanpa memperhatikan proses sehingga ketika pembelajaran berlangsung tidak memperhatikan apakah pembelajaran tersebut bermakna atau tidak untuk siswa.

* Keaktifan dan kreativitas siswa tidak diperhatikan sehingga banyak siswa yang tidak tahu apa yang harus dikerjakan saat pembelajaran berlangsung.

* Kodrat anak sebagai orang yang merdeka dan bermain tidak diperhatikan akibatnya pembelajaran seringkali monoton dan menjemukan.

2. Apa yang berubah dari pemikiran atau prilaku saya setelah mempelajari modul 1.1?

* Bahwa pendidikan adalah menuntun (among) segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan, sehingga saya sebagai guru harus mampu menuntun mereka menjadikan murid sebagai subjek pembelajaran dan tujuan utama dalam melaksanakan pembelajaran.

* Menumbuhkan kreativitas dan kemandirian dalam pembelajaran sehingga murid bersemangat dalam setiap proses pembelajaran.

* Saya mengetahui bahwa murid diibaratkan sebagai planet yang berbeda-beda namun terus berputar bergerak pada sumbunya sehingga saya menyadari bahwa dalam pembelajaran tidak bisa menyamakan semua kemampuan dan kemauan murid, tugas saya memfasilitasi dan menghargai perbedaan tersebut sehingga mereka mampu terus bergerak dan berinovasi dengan tuntunan yang saya berikan. Maka pembelajaran pun saya kembangkan dengan pembelajaran berdiferensiasi.

* Guru harus mampu mandiri belajar, reflektif dan berkolaborasi dengan rekan, selalu inovatif menciptakan situasi dan kondisi terbaru dalam pembelajaran yang menyenangkan dan terutama selalu berpihak pada murid.

* Berdasarkan filosofis pendidikan guru harus ing ngarso sung tulodo, maka jika didepan jadilah contoh murid dalam bertingkah laku, ing madya Mangun Karso jika berada ditengah harus mampu membangun semangat dan Tut Wuri Handayani jika dibelakang memberi dorongan.

3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas mencerminkan pemikiran KHD?

* Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan terlebih dulu merencanakan pembelajaran sesuai karakteristik siswa dan sesuai lingkungan sekolah, serta melaksanakan asesmen awal pembelajaran.

* Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.

* Membuat kesepakatan kelas agar pembelajaran berlangsung penuh tanggung jawab, berkomitmen dalam melaksanakan tata tertib selama pembelajaran berlangsung.

* Mengawali pembelajaran dengan salam, sapa dan permainan untuk menimbulkan semangat dan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran.

* Menerapkan pembelajaran dengan berkolaborasi, berdiskusi mengeluarkan pikiran dan pendapatnya serta belajar menghargai perbedaan yang ada.

* Memfasilitasi dalam menciptakan produk dari hasil kreativitas nya dengan menggunakan metode pembelajaran projek.

* Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter profil pelajar Pancasila.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pisan teh.. Sukses selalu dengan GPnya.. Pokok na mah top markotop

09 Jan
Balas

Haturnuhun

09 Jan

Mantap banget, terima kasih Bu atas berbagi pengetahuannya

08 Jan
Balas

Sama-sama pa salam literasi

09 Jan

Good intisari hbt.lnjtken berkarya Bun.

08 Jan
Balas

Siap Bunda cantik

09 Jan



search

New Post