YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web

RANCANGAN RPP BERDIFERENSIASI

#tagur365 hari ke-006

#tulisan ke 367

RPP yang saya susun mengacu pada Permendikbud no 14 th 2019 tentang penyederhanaan RPP yang memuat:

* Tujuan pembelajaran

* Kegiatan pembelajaran

* Penilaian pembelajaran

Dengan perubahan ini guru dapat bebas memilih, membuat dan mengembangkan RPP sesuai dengan prinsip efektif, efisien dan berorientasi pada murid

Prinsip EFISIEN berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Prinsip EFEKTIF, berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Prinsip BERORIENTASI PADA MURID, berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar murid

LANGKAH AWAL:

1. Menganalisis Kebutuhan Belajar

Melakukan tes awal dan membagikan formulir yang berisi pertanyaan untuk memetakan kebutuhan belajar siswa berdasarkan profil belajar serta kesiapan belajar

2. Menganalisis strategi diferensiasi:

Menganalisis diferensiasi konten (materi apa yang akan dipelajari murid), diferensiasi proses (bagaimana murid memahami/memaknai materi yang dipelajari, dan diferensiasi produk/hasil unjuk kerja yang harus ditunjukkan murid kepada guru).

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Informasi mengenai kebutuhan belajar setiap murid dapat diperoleh melalui:

* Nilai pada tingkatan atau materi sebelumnya misalnya dengan membaca raport murid.

* Mengidentifikasi pengetahuan awal melalui asesmen awal pembelajaran, asesmen Kognitif dan non kognitif.

* Informasi dari guru BK, wali kelas atau pada guru lain pada tingkatan sebelumnya

* Mereview dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaran.

Strategi mendiferensiasi pembelajaran:

1. Konten

Materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.

2. Proses

Kegiatan yang memungkinkan murid berlatih dan memahami atau ga memaknai konten.

3. Produk

Merujuk pada strategi membedakan produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan dan pengembangan apa yang telah dipelajari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kurikulum merdeka ya bun

06 Jan
Balas

Iya bunda salam sukses buat bunda

07 Jan



search

New Post