YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web

REFLEKSI AWAL P5 BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA

#tagur365m hari ke-019

#tulisan ke-380

REFLEKSI AWAL AKTIVITAS 3 :

(self awareness: kesehatan mental)

Peran pendidik: fasilitator.

PERSIAPAN:

Pendidik mempersiapkan pertanyaan refleksi terkait kesehatan remaja.

PELAKSANAAN:

Dari hasil eksplorasi Isu, peserta didik diajak untuk melakukan refleksi awal terkait kesejahteraan dirinya dan pemahaman mengenal pengaruh kesejahteraan diri peserta didik terhadap kehidupannya.

Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan berikut:

a. Apakah peserta didik sudah memelihara kesejahteraan dirinya masing-masing?

b. Apakah peserta didik mengetahui dampak dari ketidakpeduliannya terhadap kesejahteraan dirinya sendiri?

Apakah peserta didik mengerti setiap emosi yang mereka rasakan?

d. Apa yang peserta didik lakukan saat mereka stres?

e. Bagaimana mereka mengendalikan emosi mereka dalam kehidupan sehari-hari?

Peserta didik mengisi lembar refleksi, pendidik dapat membaca dan mengidentifikasi masalah yang ada terkait kesejahteraan masing-masing peserta didik

Peserta didik berbagi pendapat terhadap pertanyaan yang diberikan, seperti:

a. Bagaimana peserta didik memelihara kesejahteraan dirinya?

b. Hal apa saja yang mereka lakukan untuk mengendalikan emosi mereka?

c: Kendala apa saja yang mereka temui saat berusaha mengendalikan emosi?

Tips untuk pendidik:

Setelah pengumpulan lembar refleksi, pendidik dapat melihat jawaban peserta didik. Apabila hasil refleksi murid kebanyakan negative, maka pendidik dapat memanggil dan memberikan bantuan kepada peserta didik yang bersangkutan.

d. Prediksikan tantangan apa saja yang akan kamu hadapi dalam mengorganisasikan dirimu? Bagaimana kamu mengatasinya?

pendidik dapat memberikan lembar refleksi yang berbeda pada aktivitas ini sesuai dengan tema refleksi isu yang dibahas sebelumnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post