Yulia Putri

Lahir di Ujunggading, 17 Juli 1970. Menganut Islam sebagai agama yang diikuti secara turun temurun, hingga akhirnya sadar bahwa inilah agama yang lurus, t...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bundo Kanduang

Bundo Kanduang

Bundo Kanduang bisa diartikan ibu kandung. Namun di Sumatera Barat dengan adat istiadat Minangkabaunya, bundo kanduang memiliki makna yang lebih luas.

Bundo kanduang adalah sosok perempuan minang dengan segala talentanya. Ia menjadi panutan, dihormati, tempat mengadu, tempat bertanya, bijaksana dan memahami dan melaksanakan adat istiadat. Limpapeh rumah gadang, suluah bendang dalam nagari

Pakaian adat yang dipakainya berupa baju kuruang basiba dengan potongan lurus, lapang dengan lengan sama besar dari lengan atas hingga pergelangan. Ini sangat sesuai dengan pakaian muslimah yang tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Lengan baju besar, agar mudah di singsingkan saat wudhu dan bekerja ( ini hanya hasil pemikiran penulis saja). Maaf jika tidak benar.

Bawahannya menggunakan kain songket atau batik tanah liek. Kain sarung yang dipasangkan di pinggang membuat garis lurus hingga menutup mata kaki. Tetap mencerminkan pakaian muslimah yang longgar dan tertutup.

Rambut ditutupi dengan tingkuluak, dari kain bugis ( Kain sarung laki-laki dengan motif kotak-kotak ). Diberi hiasan dan dibuat dengan berbagai model.

Sabtu lalu, kami yang berasal dari berbagai suku memakai pakaian bundo kanduang. Mandahiling, melayu, minang, jwa, makasar dan lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post