Yulia Putri

Lahir di Ujunggading, 17 Juli 1970. Menganut Islam sebagai agama yang diikuti secara turun temurun, hingga akhirnya sadar bahwa inilah agama yang lurus, t...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gadih Jolong Gadang part2

Gadih Jolong Gadang part2

Memiliki anak laki-laki dan perempuan, mendisik dan membimbing mereka adalah suatu tantangan dengan seni masing-masing.

Anak laki-laki yang realistis, akan mencerna ucapan dan nasihat dengan logika. Sementara anak perempuan yang baperan, akan menanggapi dengan mendahulukan perasaan dan dugaan.

Membersamai si gadih jolong gadang, apalagi di zaman teknologi dan informasi yang berkembang pesat, membuat oangtua ketar ketir. Bagaimana tidak?

Diusianya yang belia, proses pencarian jati diri sering bertabrakan dengan norma-norma yang berlaku terutama buat perempuan. Hal itu sering menjadi persoalan antara ortu, terutama ibu dengan gadisnya.

Sang ibu yang menghabiskan masa mudanya di era revolusi, saat negara ini masih sibuk berbenah. Jangankan televisi, listrik saja baru dapat dinikmati setelah ia dewasa.

Tentu saja era berbeda membuat gaya hidup dan cara pandang tak sama. Akan tetapi, perlu seni tersendiri untuk membersamai si gadih jolong gadang ini.

Peran pendidikan, terutama pendidikan dan penekanan ajaran agama sangat penting. Karena hanya dengan meyakini keberadaan Allah dari ajaran agama yang dia dapat, ia akan bisa membentengi diri.

Rasulullah bersabda :" Barang siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga. ( HR. Ahmad)

Dalam hadis lain, Rasulullah berpesan: " Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, akan menjadi tameng baginya di neraka"( HR. Ahmad)

Wallahu a'lam bisshowab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post