Yuliarti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TERBAHAK DENGAN BAHASA NGAPAK

BAHASA MENUNUNJUKKAN BANGSA. Ungkapan itu tepatlah kiranya. Orang akan tahu dari mana ia berasal manakala ia mulai berbicara.Setiap daerah mempunyai ciri khas bahasa. Ini yang disebut dialek. Jangan malu dan ragu untuk menggunakan dialek kita yaitu dialek Banyumasan. yang biasa kita kenal dengan BASA NGAPAK ato BASA PENGENYONGAN. Kita harus bangga menggunakannya. sebagai upaya pelestarian budaya.

Banyak orang malu menggunakan sebab takut ditertawakan,takut dikira ndesani/kampungan.maka basa ngapak ditinggalkan beralih pakai Bahasa Indonesia. Mereka merasa lebih "ngotani" dan "mriyayeni"

Sadarkah kita,bahwa basa ngapak dimunculkan hanya untuk lelucon dan guyonan? Orang akan terbahak-bahak mndengarnya. Mereka yang berbicara ngapak akan disambut gelak tawa,meski mereka tak paham maknanya. Pada film DUNIA TERBALIK misalnya. Muncul Gendis seorang gadis cantik dengan basa ngapak maka menjadi pusat perhatian,penonton akan terus tertawa.Kita berpikir positif bahwa BASA NGAPAK begitu menarik. Jangan hanya sebagai ajang lelucon saja,tetapi sebagai ajang kita untuk mengenalkan basa ngapak pada khalayak.

Kosa kata basa ngapak mempunyai makna apa adanya "CABLAKA". Yang tertulis,dibaca sama persis dengan huruf yang ada. Maknanya pun terinci. misal dilihat dari cara membawa. Jika dibawa di pundak (depanggul/depikul), dibawa dengan tangan (decangking), dibawa di panggul (deindit); dibawa di punggung (degendong), dibawa di depan (debopong),dll.

Dilihat dari ukuran misal pada botol (gebyas,cengkli,gendul),dan masih banyak contoh yang lain. Ternyata kosa kata basa ngapak lebih kaya dengan makna yang bervariasi.

Banyak nama-nama benda yang tidak biasa kita dengar ada di basa ngapak. cawik (cangkir), tuwung (mangkok), pisin/lambar/lepek/piring kecil,kelud (serbed). Demikian sekelumit tentang Basa Ngapak.

ORA NGAPAK ORA KEPENAK. Sekedar mengingatkan besok kita menulis basa ngapak di guru siana. Saya akan munculkan cerita SECAWIK KOPI PANAS GAWE BREGAS.🙏

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

03 Feb
Balas

maturnuwun.

03 Feb

Ayawene tah kopine wis dadi ya bu

03 Feb
Balas

Wis entong gari bejigure.hee..hee..priksa bejigur bu?

03 Feb

Keren Bu Guruu...

03 Feb
Balas

nguri uri basa ngapak mba.

03 Feb

kita harus nguri uri bahasa daerah kita, bahasa jawa ngapak. malah saya pernah dengar basa koek.

03 Feb
Balas

leres bu. kalau koek itu pake kata "jawa koek" artinya jawa banget. samalah dg ngapak.

03 Feb

Inyong bangga nganggo basa ngapak

03 Feb
Balas



search

New Post