yuli astuti

Guru SD Al Muslim Tambun, S1 Pendidikan MIPA UNY, S2 Pendidikan MIPA Unindra Jakarta, Anggota KGPRB Guru Menulis ....

Selengkapnya
Navigasi Web
Inovasi di Awal Tahun Ajaran Baru

Inovasi di Awal Tahun Ajaran Baru

Liburan sekolah sudah selesai dan diikuti dengan hadirnya awal tahun ajaran di bulan Juli. yang dikenal dengan Back To School. Kegiatan sekolah diawali dengan pengenalan terhadap peserta didik, dan memberikan kegiatan yang bermakna mulai dari mengajak berkeliling sampai berkenalan dengan seluruh guru yang ada di SD Al Muslim. Momen pertama dengan peserta didik kali ini saya sebagai salah satu pendidik SD Al Muslim diberikan amanah oleh Allah di kelas 4. Bermodal kebahagiaan dan syukur nikmat atas amanah Allah dan yakin bahwa itulah yang terbaik, maka sebagai pendidik harus mampu melakukan hal baru dan inovasi baru. Anak-anak kelas 4 merupakan anak-anak fase B dalam kurikulum merdeka. Secara umum masih perlu bimbingan serta teladan dari guru, di sekolah diperlukan peran guru sebagai fasilitator, maka penggunaan platform digislamic yang dimiliki sekolah harus selalu dilengkapi untuk proses pembelajaran. Peserta didik mampu mengakses konten yang berupa modul guru dan juga asesmen yang diberikan guru. Di tahun pelajaran ini merupakan awal tahun ajaran sehingga mulai mengembangkan dan memperbaiki dari tahun sebelumnya. Selain pengenalan lingkungan di pertemuan awal diberlakukan tes diagnostik non kognitif untuk mengetahui sejauh mana mengukur aspek psikologis dan kondisi emosional dari peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Asesmen diagnostik non kognitif pelaksanaanya lebih menekankan pada kesejahteraan psikologis dan emosi peserta didik.

Penguatan budaya karakter di SD AL Muslim mulai dari pembentukan budaya 5 S yang selalu di ingatkan kepada anak -anak sehingga menjadi habit yang baik di sekolah. 5 S merupakan salah satu prose spembentukan karakter di sekolah yaitu senyum, salam, salim, sopan, santun, dari kelima poin tersebut semua anak wajib melakukannya ketika ada di sekolah maupun dirumah. Selain itu kesiapan pendidik dalam memberikan pembelajaran sebaik mungkin. Persiapan media pembelajaran dan seluruh perangkatnya yang dapat diakses melalui drive dan platform digislamic sudah diinput oleh masing-masing guru. Untuk persiapan awal setelah guru membuat konten masing-masing sesuai pelajarannya. Inovasi yang saya lakukan untuk membuat peserta didik senang adalah dengan membentuk karakternya dan menyayangi mereka dengan baik seperti anak sendiri. Mengajak mereka enjoy dalam belajar dan memberikan kesempatan mereka untuk berkolaborasi contohnya ketika bermain game anak-anak akan menemukan teman-temannya dan melakukan komunikasi interaktif. Game yang digunakan dapat berupa game interaktif ataupun game mencari jejak sehingga anak -anak tidak terasa dalam belajar. Memberikan motivasi anak untuk dapat mengubah materi pelajaran menjadi sebuah lagu untuk didengarkan, dan membuat yel yel kelas.

Proses pengisian platform digislamic disiapkan dengan modul ajar yang dilengkapi dengan lkpd, dan dilengkapi dengan game interaktif baik dari kahoot, profprog, quizizz, educaplay ataupun quiz wisher yang membuat peserta didik senang karena berbasis gamifikasi. Saat ini kita juga bisa menggunakan AI dalam berbagai pembelajaran. Mengajak anak mencari informasi dengan AI dan chat gpt, sekaligus memberikan kesempatan pada mereka untuk mencari informasi dan hal baru sesuai apa yang dipelajari saat itu. Peserta didik sangat antusias dalam belajar turnamen dengan kahoot, memberikan kemudahan memahami soal, bahkan soal HOTS jika dimainkan dengan kahoot anak - anak tidak merasa jenuh dan bosan. Memberikan pengalaman menyenangkan bagi peserta didik adalah salah satu untuk menguatkan motivasi belajarnya baik dengan visual, audio visual, kinestetik ataupun auditory. Sebagai guru harus tahu kebutuhan belajar seluruh anak-anak, sehingga mampu memberikan pengalaman berharga sesuai dengan kebutuhan anak -anak saat ini.

Selain itu sebagai guru memberikan pengalaman dalam student project. Di sekolah ada kegiatan student project yang merupakan kolaborasi dari beberapa mata pelajaran. Untuk proyek saat ini mengambil tema energi dalam kehidupan sehari-hari, maka guru memberi kesempatan pada anak-anak untuk mencari informasi terkait tentang pemanfaatan sumber energi dengan langkah sebagai berikut:

Perancangan proyek

Desain dan eksekusi

Pengujian dan evaluasi

Penyelesaian

Pameran

Biodata : Nama Yuli Astuti, M.PdSD Al Muslim

email : [email protected]

no hp : 08888539237

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post