yuli astuti

Guru SD Al Muslim Tambun, S1 Pendidikan MIPA UNY, S2 Pendidikan MIPA Unindra Jakarta, Anggota KGPRB Guru Menulis ....

Selengkapnya
Navigasi Web
Sinergi Bersama Perpustakaan Mendidik Generasi Harapan

Sinergi Bersama Perpustakaan Mendidik Generasi Harapan

Dunia pendidikan merupakan wadah untuk berkembangnya peserta didik sesuai bakat dan minatnya. Sekolah salah satu tempat untuk mengembangkan hal tersebut. SD Al Muslim memiliki profil lulusan bahwa setiap lulusan peserta didik memiliki bukti karya yaitu buku baik tunggal maupun antologi. Untuk memberikan fasilitas pengembangan bakat tersebut dan meraih karya seluruh peserta didik di SD Al Muslim diberikan kesempatan untuk menulis. Dimulai dengan membaca di perpustakaan serta diberikan kesempatan membaca di pojok kelas dengan tujuan meningkatkan perbendaharaan kata mereka hingga mampu menghasilkan satu karya di levelnya. Mulai dari level 1 sampai level 6. “Today a reader Tomorrow a Leader”. Sekolah memberikan fasilitas perpustakaan dengan berbagai kegiatan dari perpustakaan mulai dari pustakawan cilik, yang memiliki tugas merapikan buku sesuai jenis, melayani peminjaman buku, melayani pengembalian buku, meneliti kelengkapan kartu buku, menyampul buku -buku yang rusak, membersihkan rak buku, mengawasi pengunjung perpustakaan, memperbaiki buku yang rusak, mengabsen pengunjung perpustakaan, menstempel identitas buku dan klasifikasi buku. Selain tugas tersebut kegiatan perpustakaan juga diadakan readhaton, yang melibatkan seluruh siswa dengan pustakawan cilik belajar di perpustakaan membaca secara rutin. Di perpustakaan SD Al Muslim juga dilengkapi dengan angkringan baca yang bertujuan memudahkan peserta didik melakukan literasi membaca.

Dengan membaca di perpustakaan peserta didik lebih mudah dan memahami kosakata baru sehingga mudah menuangkan dalam bentuk tulisan. Setelah memiliki banyak kosakata baru maka ketika peserta didik mulai menulis untuk membuat buku antologi dengan tema -tema tertentu mereka akan lebih mudah. Dalam pembuatan buku kami bekerjasama dengan media guru yang mewadahi dan memberikan tantangan dalam menulis. Media guru memiliki kegiatan rutin lomba menulis siswa sasisabu sehingga memberikan kesempatan peserta didik untuk menulis hal baru. Perpustakaan memiliki banyak koleksi buku yang terdiri dari buku ensiklopedia, buku penunjang pembelajaran, buku novel, cerpen, komik dan masih banyak lagi. Semua sangat bermanfaat untuk menggali inspirasi peserta didik ketika mereka menulis. Keterampilan 4C yang kita harapkan muncul di semua level pada diri peserta didik dapat diasah di perpustakaan, budaya membaca meningkatkan proses berpikir kritis, muncul rasa ingin tahu yang tinggi. Perpustakaan sangat membantu dan memberikan banyak manfaat. Dengan adanya proses menulis peserta didik dapat menghasilkan buku baru baik buku bersama atau buku tunggal. Kegiatan yang baru saja dilakukan adalah Sasisabu, satu siswa satu buku. Kegiatan literasi ini sangat mendukung profil sekolah sehingga peserta didik semangat menulisnya.

Mengapa perpustakaan itu penting? Ya karena dengan perpustakaan kita dapat melakukan banyak hal, membaca, menulis dan berkarya. Manfaat perpustakaan sekolah antara lain:

1. Mengembangkan minat baca

2. Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis

3. Sumber referensi untuk tugas dan penelitian

4. Mengasah keterampilan kritis

5. Meningkatkan pengenalan terhadap kebudayaan dan sejarah

6. Tempat berkumpul dan belajar bersama

Yuk semangat membaca agar lebih banyak ilmu yang kita dapat dan lebih banyak dikabulkan semua harapan dengan membaca di perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat yang penuh dengan harapan. Harapan untuk membuka jendela dunia bagi setiap individu yang ingin belajar dan meningkatkan diri. Harapan untuk menginspirasi dan membuka wawasan baru. Harapan untuk menyediakan sumber daya yang mencakup berbagai topik dan bahasan yang dapat membantu pengunjungnya dalam menyelesaikan berbagai tugas dan proyek. Selain itu, perpustakaan juga dapat menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi dengan orang lain dalam rangka membangun jaringan dan meningkatkan pengetahuan bersama. Perpustakaan adalah tempat di mana harapan dan impian dapat menjadi kenyataan.

Dengan memberikan akses yang mudah dan terbuka bagi semua pengunjung, perpustakaan menjadi tempat yang penuh dengan harapan. Harapan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencapai potensi terbaik setiap individu. Oleh karena itu, perpustakaan adalah aset yang sangat berharga bagi sekolah, masyarakat dan harus dijaga dan dipelihara dengan baik.

Biodata

Nama : Yuli Astuti, M.Pd

Instansi : SD Al Muslim

NoHp : 08888539237

Jabatan : Guru Kelas

Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post