Yuliawati

"Beta ibu guru" terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hing...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagi  Praktik  Baik
Beberapa menit dalam kegiatan sosialisasi Kelas Menulis Kartupos, di SMP N* MImika Papua, berpose bersam ibu kepala sekolah.

Berbagi Praktik Baik

Literasi Baca tulis menjadi salah satu kecakapan literasi dasar yang harus dimiliki oleh para pelajar Indonesia. Dengan  mewujudkan misi kementrian pendidikan untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan keunikannya, khususnya dalam pengembangan bahasa dan sastra. Berkaitan dengan hal itu, berbagai kegiatan bisa dilakukan dalam menarik minat dan mengembangkan, mengasah kecakapan literasi baca tulis itu. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan tulis menulis, dengan wadah surat, kartupos, poster, spanduk, ataupun media lainnya yang bisa mengakomodir apresiasi kreatifitas peserta didik.

            Jumat pagi ini, di sela-sela kesibukan, kami berkesempatan beberapa menit menyampaikan kegiatan pengenalan kelas menulis kartupos bagi peserta didik di kelas VII dan/atau VIII pada SMPN8 Mimika,Papua.  Tentu atas izin ibu kepala sekolah, ibu Tania, Sihombing,M.Pd, dan dukungan pengawas sekolah binaan, bapak Drs.Bernandus Manik,M.Si, sosialisasi kegiatan kelas menulis kepada para guru dan staf tenaga kependidikan di sekolah itu berlangsung dengan baik. Penyampaian diawali dengan mengucap syukur kepada Allah SWT yang memberikan hikmah dan hidayah, serta ilmu yang ,insyaAllah, bermanfaat baik, juga mengucap terimakasih kepada pimpinan sekolah, kami pun memohon izin  menyampaikan maksud mengisi waktu luang setelah penialain akhir semester nanti , dengan kegiatan menulis kartupos. Selain tujuan utamanya untuk mengasah nalar berpikir kritis peserta didik tentang penuangan ide-ide dalam bentuk tulisan yang berterima (dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), penggunaan huruf besar, dan tanda baca, kegiatan ini juga akan mengasah ketrampilan sisial para peserta didik, dengan membuka persahabatn dengan sesama teman sekolah mereka, baik di dalam kota ataupun di luar kota Timika, bahkan beberapa teman pada komunitas pencinta kartupos Indonesia , ataupun filateli Indonesia, telah menyampaikan kesediaan mereka untuk menerima kartupos dari para peserta didik pemula ini. Selain itu, akan direncanakan juga untuk memperkenalkan prangko, sebagi salah satu sumber belajar dalam menambah wawasan dan pengetahuan para peserta didik.

  Permohonan dukungan kami kepada para bapak dan ibu guru, pun mendapat respon yang positif, terutama dari ibu kepala uruusan kesiswaan, yang menyambut baik kegiatan ini, dan akan memmbantu dalam mendata para peserta didik yang berminat, sehingga perlahan namun pasti, kegiatan ini,insyaAllah,akan menjadi salah satu gerakan mengasah literasi dasar.

Mari, jadilah guru penggerak untuk lingkungan sekolah sendiri, yang menghamba pada murid, merancang pembelajaran penuh kebermaknaan , mempersiapkan peserta didik dengan ketrampilan dan kecakapan enam literasi, dan itu dimulai dari literasi baca tulis.

Semoga, Allah meridhoi niat kita untuk saling berbagi ilmu dan berbagi praktik baik.

 

 

#A_Principal_plays_an_important_role

#Suportive_teachers_are_the_school_assets_that_A_principal_needs

 

 

Timika,Papua  14 Mei 2022

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Bun, tertarik dengan kegiatan menulis di kartu pos. Gimana tekniknya? bagi di Gurusiana dong....

15 May
Balas

Mantap ulasannya

14 May
Balas

Terimakasih, bu. Salam Literasi...dari Papua

14 May

Keren banget Bunda

15 May
Balas

Terimakasih, Bunda, sudah mam[ir. Slaam Literasi dari Papua

17 May

Ulasan yang keren bunda

14 May
Balas

Terimakasuhm Bu. Salam Literasi dari Papua

14 May



search

New Post