Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Intruksi Jelas, Ramailah Kelas
dokpri:Pak I Dewa Ketut dan Ibu Marintan Saragih saat berkolaborasi dikelas

Intruksi Jelas, Ramailah Kelas

Apapun sumber belajarnya, entah itu buku teks, lembar kerja peserta didik yang dideasin, alat bantu audio ataupun visual dalam kelas, papan tulis putih depan kelas, secarik kertas memo, yang digunakan dalam serangkaian kegiatan belajar dan mengajar, sangatlah membantu. Bahkan terlihat kelas akan sangat sibuk, mulai dari merespon salam bapak atau ibu guru, mendiskusikan kembali materi ajar pada pertemuan sebelumnya, baik itu dari buku teks yang tersedia atau lembaran tugas yang akan dikerjakan.

Keheningan kelas tak ada lagi, saat instruksi untuk mengerjkan tugas , individu , berpasangan, ataupun berinteraksi aktif sesama kelompok, jelas diberikan. Memang waktu yang tersedia boleh di tentukan sekian menit, namun itu juga tergantung dari konteks kelas yang ada. 'Intake' dari setiap peserta didik berbeda, tentunya harus dipahami untuk peserta didik yang masih lambat dan perlu ada strategi penanganan tersendiri, dan bagi yang cepat penerimaannya, tentu ada pengayaan yang tersediakan. Dengan konteks peserta didik yang bervariasi, termasuk pengetahuan awalnya, bapak dan ib guru akan memerlukan perhatian yang lebih dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirancang.

Dalam tema benda sekeliling kita, juga memahami benda disekitar dan kegunaannya, peserta didik boleh melihat gambarnya di halaman buku teks yang tersedia, dan silahkan pilih yang mana gambar yang biasanya mereka temukan, di rumah, di sekolah ataupun di lingkungan sekitar. Tentu berdasar konteks ini, peserta didik akan gembira untuk memilih yang pernah dilihat ataupun dimiliki dalam rumah. Sebaliknya, bila paragraf itu 'terlalu panjang' untuk kemampuan daya serap, maka intruksi jelas dalam lembar kerja peserta didik yang dirancang dan disedehanakan (sesuai tingkat kesulitannya), bisa menopang minat belajar yang berkelanjutan,sehingga kelasnyatetap aktif dann terdengar riuh. Kolaborasi diantara sesama teman kelompok, maupun kelompok lainnya, di pandu oleh guru akan menghasilkan kelas yang aktif (terkesan riuh, tapi sedang belajar)

Timika_Papua_11 maret 2022

#Sukses_Pak_Dewa

#Mantap_bu MArintan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju dengan tulisan ibu

11 Mar
Balas

terimakasih bu, Salam Sehat

11 Mar

Alhamdulillah karya yang keren luar biasa, lanjutkan berkarya dan berbagi Bu Yuliawati, sehat dan sukses selalu, Barokallah

11 Mar
Balas

terimakasih pak Haji...buat dukungan dan bantuannya, semoga Allah selalu merahmati apa-apa yang menjadi amalan baik kita dalam ber'literasi, aamiin

11 Mar

Instruksi jelas ramaikah kelas. Keren dan sangat menginspirasi. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

11 Mar
Balas

terimakasih...Salam Literasi...

11 Mar

Mantap pentigrafnya luar biasa

11 Mar
Balas

matur nuwun....salam Sehat

11 Mar

Mantap, pentigrafnya bu Yulia. Sukses selalu

11 Mar
Balas

terimakasih pak. Salam Sehat

13 Mar

Keren sekali tulisannya, bunda. Sangat menginspirasi. Salam sehat dan sukses,

11 Mar
Balas

Matur nuwun,Pak. Salam Literasi...dan Salam sehat dan sukses juga dari Papua !

11 Mar

Tulisan yang keren dan inspiratif. Salam sehat dan bahagia selalu Bunda.

11 Mar
Balas

Terimakasih, bu. Salam Bahagia dan Salam Literasi...dari Papua !

11 Mar



search

New Post