Intruksi Jelas, Ramailah Kelas
Apapun sumber belajarnya, entah itu buku teks, lembar kerja peserta didik yang dideasin, alat bantu audio ataupun visual dalam kelas, papan tulis putih depan kelas, secarik kertas memo, yang digunakan dalam serangkaian kegiatan belajar dan mengajar, sangatlah membantu. Bahkan terlihat kelas akan sangat sibuk, mulai dari merespon salam bapak atau ibu guru, mendiskusikan kembali materi ajar pada pertemuan sebelumnya, baik itu dari buku teks yang tersedia atau lembaran tugas yang akan dikerjakan.
Keheningan kelas tak ada lagi, saat instruksi untuk mengerjkan tugas , individu , berpasangan, ataupun berinteraksi aktif sesama kelompok, jelas diberikan. Memang waktu yang tersedia boleh di tentukan sekian menit, namun itu juga tergantung dari konteks kelas yang ada. 'Intake' dari setiap peserta didik berbeda, tentunya harus dipahami untuk peserta didik yang masih lambat dan perlu ada strategi penanganan tersendiri, dan bagi yang cepat penerimaannya, tentu ada pengayaan yang tersediakan. Dengan konteks peserta didik yang bervariasi, termasuk pengetahuan awalnya, bapak dan ib guru akan memerlukan perhatian yang lebih dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirancang.
Dalam tema benda sekeliling kita, juga memahami benda disekitar dan kegunaannya, peserta didik boleh melihat gambarnya di halaman buku teks yang tersedia, dan silahkan pilih yang mana gambar yang biasanya mereka temukan, di rumah, di sekolah ataupun di lingkungan sekitar. Tentu berdasar konteks ini, peserta didik akan gembira untuk memilih yang pernah dilihat ataupun dimiliki dalam rumah. Sebaliknya, bila paragraf itu 'terlalu panjang' untuk kemampuan daya serap, maka intruksi jelas dalam lembar kerja peserta didik yang dirancang dan disedehanakan (sesuai tingkat kesulitannya), bisa menopang minat belajar yang berkelanjutan,sehingga kelasnyatetap aktif dann terdengar riuh. Kolaborasi diantara sesama teman kelompok, maupun kelompok lainnya, di pandu oleh guru akan menghasilkan kelas yang aktif (terkesan riuh, tapi sedang belajar)
Timika_Papua_11 maret 2022
#Sukses_Pak_Dewa
#Mantap_bu MArintan
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Setuju dengan tulisan ibu
terimakasih bu, Salam Sehat
Alhamdulillah karya yang keren luar biasa, lanjutkan berkarya dan berbagi Bu Yuliawati, sehat dan sukses selalu, Barokallah
terimakasih pak Haji...buat dukungan dan bantuannya, semoga Allah selalu merahmati apa-apa yang menjadi amalan baik kita dalam ber'literasi, aamiin
Instruksi jelas ramaikah kelas. Keren dan sangat menginspirasi. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya
terimakasih...Salam Literasi...
Mantap pentigrafnya luar biasa
matur nuwun....salam Sehat
Mantap, pentigrafnya bu Yulia. Sukses selalu
terimakasih pak. Salam Sehat
Keren sekali tulisannya, bunda. Sangat menginspirasi. Salam sehat dan sukses,
Matur nuwun,Pak. Salam Literasi...dan Salam sehat dan sukses juga dari Papua !
Tulisan yang keren dan inspiratif. Salam sehat dan bahagia selalu Bunda.
Terimakasih, bu. Salam Bahagia dan Salam Literasi...dari Papua !