Yuliawati

"Beta ibu guru" terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hing...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kerapatan Kami untuk  Satu Tungku Tiga Batu
Menjaga silaturahim dalam kerapatn ebrsama meski di tanah rantau

Kerapatan Kami untuk Satu Tungku Tiga Batu

Selang waktu lalu, anggota kerukan berkumpul untuk merencanakan perhelatan yang menjadi bagian tradisi’Silaturahim’. Kami merencanakan ‘Hala bi Halal’ untuk kerukunan, meskipun bertahun jauh di rantau, jauh dari sanak family dan jauh dari tanah kelahiran, Fakfak_Negeri Mbaham .

Dalam falsafah turun temurun ‘Satu Tungku Tiga Batu”, juga ‘idu-idu manina”, siapapun orang dari Negeri Mbaham, mereka itu adalah bersaudara. Lahir dan besar, ataupun hanya bermukim mencari nafkah, ketika silaturahim itu dibangun dengan baik, dijaga dalam tata hidup bersaudara yang satu sama lain saling menasehati untuk kebaikan, keluarga yang satu dengan yang lain saling mengunjungi dalam segala keadaan, dan saling menghormati dalam beribadah dengan keyakinan masing-masing kami menjaga semua itu dalam satu tungku tiga batu.

Meski ribuan hari tinggalkan negeri itu, namun tradisi dan adat tak pernah lepas untuk menyambung kerapatan itu. Merayakan Natal kerukunan, menghajatkan halal bi halal, saling menguatkan dalam sukacita dan duka cita, menjaga marwah para leluhur dalam satu tungku tiga batu , dalam idu-idu manina. Kebiasaan itu akan tumbuh secara alamian dengan ‘role model’ dari para orang tua kepada anak-anaknya untuk menjaga persaudaraan dan kekerapatan yang ada di negeri Mbaham.

#Fakfak_Panggil_Pulang

Timika, 25 Oktober 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang mantap. Keren, Bun. Smg sukses selalu

25 Oct
Balas

sukse juga buat ibu. Salam Literasi

27 Oct

Keren Bu Yuliawati, sehat selalu ya Bu, salam sukses

25 Oct
Balas

Terimakasih, doa yang sama ya...Salam Literasi...

27 Oct

Luar biasa, ikatan kekeluargaan yang erat, sukses Bu Yuliawati

30 Oct
Balas

matur nuwun,pak

04 Nov



search

New Post