Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kunjungan Mereka Membangun Generasi Literat
Dokpri: kunjungan singkat diperpustakaan Jumat pagi

Kunjungan Mereka Membangun Generasi Literat

Jadwal pengembalian buku yang dipinjam dari perpustakaan daerah, sudah melewati batas waktu sehari. Sayapun bergegas meninggalkan ruang Aula tempat pelatihan, dan langsung menuju perpustakaan untuk mengembalikan buku yang kupinjam. Betapa senangnya saya, petugas perpustakaan daerah ini begitu ramah, dan bisa memaklumi keterlambatan saya dalam emngembalikan buku sehari (sebenarnya tak boleh, tapi mungkin karena mereka memahami kalau saya juga seorang ibu guru, sehingga waktu pagi hingga siang  harus bersibuk-sibuk di sekolah.) .

Pemandangan dalam ruang baca anak tidak seperti biasanya. Ramai, riuh dengan panggilan anak-anak kepada para bunda, yang telah  setia menemani mereka dengan buku-buku dongeng,  bergambar. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taman Kanak-Kanak (TK) Noken, yang sejak pagi tadi berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kab.Mimika, di Jalan Hasanuddin. Suasana ramai ini menjadi salah satu ajang anak-anak pendidikan usia dini ini mengasah ketrampilan bersosialisasi dan berkomunikasi diluar kelas mereka, dalam konteks pagi ini di ruang baca perpustakaan daerah. Namun bukan itu saja, yang terpenting adalah membangun kecintaan mereka terhadap buku lewat melalui buku-buku yang bergambar. Meskipun anak-anak usia dini belum pintar membaca, mereka terlihat senang dengan buku-buku yang ada di sepanjang rak buku yang tersedia pada ruang baca anak-anak ini. Silih berganti memintakan bunda mereka untuk memperhatikan buku pilihan mereka. Salut buat ibu Kepala PAUD TK Noken_Timika, ibu Tangkeallo,S.Pd, yang  menghadirkan  anak-anak usia dini berkunjung di perpustakaan daerah ,pagi ini. Investasi sumber daya manusia yang literat di masa akan datang, memang harus dirintis sedini mungkin, termasuk saat anak-anak berkecimpung dalam pendidikan usia dini dan taman kanak-kanak. Kunjungan mereka adalah bagian dari mempersiapkan generasi abad -21, yang literat.

Selain itu, pelayanan dari staf Dinas Perpustakaan dan Arsip  Daerah Kab.Mimika, yang ramah, menjadikan suasana riuh ini  sangat komunikatif diantara sesama pengunjung lainnya di  perpustakaan daerah ini, baik yang ingin mengembalikan buku, meminjam buku, ataupun yang mendampingi anak mereka untuk membaca.

 

“Bila ingin memiliki kekayaan abadi, milikilah ilmu yang manfaat.

Bila ingin memiliki ilmu yang manfaat , bacalah dalam tulisan dan dengarlah dalam lisan.”

 

#Timika, 18 Maret 2022

#At_the_State_Regencial_Library

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren dan salut Bunda atas ceritanya. Semoga membaca menjadi habit buat anak Indonesia seluruhnya. Salam sehat dan sukses selalu serta bahagia bersama keluarga tercinta.

20 Mar
Balas

Salam Literasi dan salam Sehat buat ibu sekeluarga...dari ujung timur Indonesia.

21 Mar

Luar biasa, ulasan yang inspiratif, bunda. salam sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta, bunda

20 Mar
Balas

Senang dan sangat menarik tulisannya salam

20 Mar
Balas

terimakasih, bu. Salam Literasi

21 Mar

Mantap bunda semamgatnyaSalam literasiIjin follow ya bunda, jika berkenan follow back

18 Mar
Balas

terimakasih, bu. Salam Literasi, sudah saya follow juga....!sukses !

20 Mar

Keren ibu, ulasan yang sangat menginspirasi. Semoga mbaca menjadi pembiasaan murid kita. Sehat dan sukses selalu. Salam literasi...

20 Mar
Balas

Terimakasih, bu. SalamSehat dan Sukses selalu juga buat ibu dan keluarga.

20 Mar



search

New Post