Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mama  Muli Kami telah berpulang
Dokpri:mama Muli saat berjumpa di tahun 2011

Mama Muli Kami telah berpulang

Innalillahi Wainna Ilaihi Raji’un

Sore ini khabar duka kudengar via deringan Whatsup. Salah satu adik dari almarhumah mama, Mama Wa Aca, telah perpulang ke Rahmatullah,

Sosok Almarhumah Mama Aca, yang lebih sering dipanggil dengan sebutan Mama Muli ini (Muli adalah nama salah satu sepupu kami, La Muliawan, yang panggilan sehari-harinya Muli), adalah sosok yang tangguh,baik hati, ramah dan pekerja keras.

Saat berkumpul keluarga besar, pada acara maulid keluarga , atau baca doa keluarga, masing-masing dari adik-kakak almarhumah mama, mendapat bagian dan tugas, termasuk almarhum Mama Muli selalu bertugas mengatur ‘Kande’a’ (Gunungan nasi putih dengan perlengakapan kue cucur,wajik dan sanggara, juga telur rebus yang diatur dengan tatanannnya, dan ditutupi dengan kain putih).

Pernah, saat masih di bangku sekolah dasar, kami keluarga besar berkumpul dan seperti biasanya, saya pasti senang dengan (jajanan) pisang goreng, atau cucur (karena cucur yang dibuat sendiri, lebih gurih dibandingkab dengan yang dibeli). Namun, belum bisa dimakan kalau belum ditata untuk joa-joa(-bacaan doa). Melihat wajah saya merengek ingin mencicipi jajan itu, akhirnya (alm.) mama saya memberanikan diri meminta.

Aca, ane’e sanggara mai cucuru, amea wite?” Tanya (alm) Mama saya kepada mama Aca atau Muli,dengan bahasa daerah buton cia-cia. Saya tidak pandai bahasa daerah secara aktif, namun saya masih bisa memahami kata kunci. Tanpa pertimbangan (alm) Mama Aca (kalau kami memanggilnya) langsung saja memeberikan jajan;satu pisang goreng dan satu cucur. Rupanya, Almarhumah tak mau kalau kemenakannya ini menangis.

Ketika tiga tahun lalu (Tahun 2019), saya kembali ke kota kelahiran, untuk menziarahi maqam almarhum buyut,kakek dan ibu juga abang-abang saya, saya pun menyempatkan diri mengunjungi Mama Aca , yang lebih saya panggil saat itu Mama Muli. Dalam senyumnya yang khas, lalu Mama Muli memerintahkan saya untuk makan dulu , karena adik-adik sepupu sudah menyiapkan ikan bakar dan menu lainnya, termasuk sangkola.

Kini, Mama Aca kami, yang dalam keluarga lebih dikenal dengan Mama Muli, telah dipanggil menghadap Allah SWT, meninggalkan Bapak La Hasaleh dan anak-anak,juga kami kemenakan dan keluarga besar.

Al Fatihah yang kami kirim, semoga Almarhumah Mama Muli, mendapat surge yang sesuai amal dan kebajikannya, diampuni segala dosa khilaf, juga mendapat Keridhoan Allah SWT.

Kami –keluarga besar –kehilangan sosok yang penyayang dan ramah.

Innallillahi Wainna Ilaihi Raji’un

Timika_14 Maret 2022

#satu_kemenakan_yang-Jauh

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Turut berbelasungkawa ya, Bun. Semoga mama husnul khotimah. Aamiin.

15 Mar
Balas

Turut berduka cita mbak. Semoga Almh mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt. Aamiin

15 Mar
Balas

Mohon izin nambahkan satu penggemar ;)

15 Mar

Turut berduka semoga Mama Muli mendapatkan Surganya, Barokallah Bu Yuliawati, sehat dan sukses selalu

14 Mar
Balas

Terima kasih,Pak haji.Salam sehat selalu

14 Mar

Turut berdukacita. Salam literasi

14 Mar
Balas

Terimakasih,BuSalam Literasi dari Papua

14 Mar

Innalillahi wa innalillahi rojiun. Semoga husnul khotimah. Al-Fatihah. Terima kasih telah mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

14 Mar
Balas

Terimakasih, sudah ikut mengirimkan Al Fatihah.Sukses selalu

14 Mar

Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun. Ikut berduka cita

15 Mar
Balas

Terimakasih,pak. Salam Sehat

16 Mar

Turut berduka cita bunda Yuliawati semoga mama mulu husnul khotimah Aamiin YRA

14 Mar
Balas

aamiin, Ya Rabbal Alamin, terimakasih bu. Salam Literasi

16 Mar

Innalillahi wa innalillahi rojiun. Trut berduka cita. Semoga almarhumah. husnul khotimah. Al-Fatihah. Salam sehat dan sukses selalu

15 Mar
Balas

Terimakasih, Pak. Salam Sehat dan Sukses

16 Mar

Turut berduka cita bunda... Semoga mama muli husnul khotimah.. Akunnya saya follow, di tunggu follow baliknya

14 Mar
Balas

terimakasih,pak, Alhamdulillah, sudah follow

14 Mar

Turut berbela sungkawa Bu yulia. Salam sehat. Salam kenal dari Jember. Salam follow juga

15 Mar
Balas

Matur Nuwun, pak. Salam dari Papua, sdh saya follow balik,nggih

16 Mar



search

New Post