Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menuju Sekolah Damai
gambar dari materi dasar dan internet.

Menuju Sekolah Damai

#Catatan_Forum Diskusi Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru dan wawasan Kebhinekaan Global

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suasana sekolah yang damai. Tentu,itu akan terlihat dari konteks dan suasana sekolah , ini juga termasuk bisa terlihat dari kepemimpinan disekolah serta keterlibatan warga sekolah dan sekitar sekolah. Lalu apa saja yang menjadi hal yang bisa dipertimbangkan untuk menuju sekolah damai? Artikel ini akan menyampaikan defenisi ,poin penting yang dipertimbangkan untuk menjadi sekolah yang damai, serta kerentanan yang mungkin ada.

Lalu, apa defenisi sekolah damai ? Sekolah yang aman, menyenangkan,dan menciptakan budaya damai. Untuk itu perlu komponen yang menunjangn ketercapaian sekolah damai adalah kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA), Proses Belajar dan Mengajar (PBM) yang ramah, bapak dan ibu guru dan tenaga pendidikannya terlatih untuk hak-hak anak pada SRA, Sarana dan prasarana yang ramah anak, keikutsertaan anak juga partisipasi orangtua, ataupun lembaga yang berkaitan dan/atau peduli dengan sekolah. Namun, masih ada banyak hal-hal yang rentan.Misalnya saja kerentanan perundungan, pelecehan seksual, diskriminasi, intoleransi, dan mengajarkan kebencian.

Mengantisipasi hal-hal yang rentan, sekolah bisa melakukan giat-giat untuk menuju sekolah dama.. Hal ini bisa merujuk pada prinsip-prinsip penyelenggaraan Pendidikan yang terdapat dalam UU Sisdiknas pasal 4 ; demokratis, berkeadilan, tidak deskriminirif, HAM, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, sekolah bisa juga mengadopsi 10 poin-poin dari konvensi hak anak dari perserikatan bangsa, atau juga yang lebih banyak ada pada poin yang bisa dilihat pada peraturan menteri Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Nomor 8 tahun 2014, tentang Sekolah Ramah Anak (SRA).

Semoga Sekolah kita menjadi Sekolah Damai.

Makassar, 30 Maret 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah Barokallah keren sekali karyanya Bu Juliawatie

29 Mar
Balas

Alhamdulillah,,,salam Literasi,

29 Mar

Sekolah yang damai, luar biasa keren

29 Mar
Balas

terimakasih..bu......Salam Literasi...

29 Mar

Bagus ulasannya. Bila guru dan anak didik menempuh pendidikan di sekolah damai. Pasti banyak bahagianya.

29 Mar
Balas

Salam Bahagia juga bu

01 Apr

Barakay,sekolah damai dambaay semua warga sekolah. Sukses selalu bunda Yuli

29 Mar
Balas

Salam sehat...juga bu! Salam Literasi

01 Apr

Ketika kita bekerja dengan penuh ketulusan hati, apapun rintangan yang menghambat di depan akan memampukan kita bekerja, saling menopang satu sama lain dalam hal ini kebersamaan maka kita akan memperoleh kebahagiaan, damai sejahtera.Sukses selalu Bu Yuli.

01 Apr
Balas

Terimakasih, Bu JEan. Sukses Selalu

01 Apr

Sekolah ramah anak

29 Mar
Balas

Terimakasih, bu.Sehat Selalu

01 Apr



search

New Post