yulia yulianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
268. STRATEGI MENAKLUKAN TANTANGAN LITERASI GLN GAREULIS JABAR

268. STRATEGI MENAKLUKAN TANTANGAN LITERASI GLN GAREULIS JABAR

TANTANGAN MENULIS HARI KE-268

#TantanganGurusiana

STRATEGI MENAKLUKKAN TANTANGAN LITERASI GLN GAREULIS JABAR

Masa pandemi tidak menjadikan langkah kita terhenti tak berkarya. Justru masa pandemi harus menjadi titik awal kita instrospeksi diri dan berbuat sesuatu agar menghasilkan karya dan memberikan manfaat bagi pihak lain.

Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya program GLN Gareulis Jabar.

Adapun jenis Tantangan Literasi GLN Gareulis Jawa Barat meliputi :

a. Mengikuti 10 paket diklat daring literasi.

b. Membaca dan membuat resume dari 10 buku bacaan

c. Membuat 1 video kegiatan mendongeng dan 1 video kegiatan literasiku

d. Membuat 1 diorama dunia baca yang berisi minimal 10 kartu/tangkai dunia baca.

e. Membuat tugas menulis karya meliputi, 4 buah puisi, 4 buah pantun, 1 cerpen 1 carpon 1 english story, 1 artikel dan 1 bestpractice.

f. Membuat 1 buku antologi bebas

g. Membuat linimasa perencanaan program tantangan

h. Mengisi instrument awal dan instrument akhir, baik untuk kategori peserta GLS,GLK dan GLM

i. Memanfaatkan media cetak MGG dan media social IG,FB, Youtobe dan website GLN, MGG dan yang lainnya yang ditentukan.

j. Mengikuti pameran, festival dan penganugerahan literasi.

Ke-10 tantangan ini harus selesai dalam kurun waktu 10 bulan sampai 1 tahun tergantung situasi dan kondisi. Karena pada kenyataanya pengunggahan tugas dan naskah melalui website tidak dengan mudah dapat dilakukan. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Minimal harus ada nomor GLN dan nomor Usser id. dimana untuk memperoleh usser id juga memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga peserta harus lebih bersabar.

Belum lagi terkendala jaringan dan kemampuan terhadap penggunaan IT yang masih kurang dari peserta. Masa pandemi juga membuat para koordinator agak mendapatkan kesulitan untuk mengumpulkan tugas dari peserta yang beragam jumlahnya sesuai dengan kategori yang peserta ikuti.

Peserta dinyatakan lolos tantangan literasi apabila :

1. Menyelesaikan semua tantangan.

2. Tepat waktu dalam mengunggah tugas tantangan.

3. Tidak ada kekosongan dalam mengunggah tugas tantangan setiap bulannya.

4. Sesuai dengan kriteria penilaian tantangan.

Artinya siapapun peserta yang dapat menyelesaikan tantangan literasi sesuai dengan kriteria kelolosan berarti dia telah berhasil menyelesaikan tantangannya. Peserta yang berhasil meyelesaikan tantangan berhak atas minimal piagam dan hadiah medali dari pemimpin daerah atau bunda literasi.

Bisa dibayangkan berapa banyak peserta yang bisa lolos dalam tantangan literasi kali ini. Karena tentu saja membaca 10 buku dan membuat resume dari 10 buku yang telah dibaca adalah hal yang mudah.

Karena sejatinya program tantangan literasi ini adalah sebuah program memasifkan gerakan literasi baik membaca, menulis dan berliterasi diantara warga Jawa Barat agar menjadi warga masyarakat yang literat.

Tantangan literasi GLN Gareulis Jabar, menjadi ajang unjuk kreasi dan prestasi peserta tantangan dengan diselenggarakannya pameran dan festival literasi diujung kegiatan. Penganugerahan literasi yang rencananya akan diselenggarakan sebagai penutup program diharapkan menjadi wadah saling mengapresiasi hasil karya pegiat literasi Jawa Barat.

Yang ingin dan belum bergabung dalam perhelatan kegiatan literasi tingkat Jawa Barat ini, masih dibuka kesempatan Pendaftaran Tahap 2 sampai tanggal 27 November 2020. Untuk informasi Pendaftaran hubungi nomor WA Ibu Kartika Dewi no 0852-820-4816 dan Ibu Dian Diana no 0813-2328-0820.

Yuk berkarya, yuk berliterasi. Bersama kita wujudkan Jawa Barat Juara Literat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post