[email protected]

Mengajar di SMP Negeri 3 Bojonegoro Jawa Timur mata pelajaran yang kata siswa saya pelajaran yang paling sulit. Itu sih pada saat belum bertemu dengan saya di ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAHKU

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAHKU

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun pembelajaran untuk menyambut peserta didik baru. Berdasarkan Permendikbud No. 18 Tahun 2016, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Kegiatan MPLS dilakukan dengan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan dan aman bagi peserta didik. Dimana dalam kegiatan ini juga peserta didik diarahkan untuk mengenal lingkungan sekolah mulai dari kondisi, potensi, prasarana, dan kultur budaya sekolah.

Menurut Permendikbud Nomor 18 tahun 2016, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk:1).Mengenali potensi diri peserta didik baru;2).Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;3)Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru;4) Mengembangkan interaksi positif antarpeserta didik dan warga sekolah lainnya.5).Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk

Materi yang disampaikan di dalam pelaksanaan MPLS antara lain: Wawasan Wiyata Mandala, Kesadaran Berbanhgsa dan bernegara, Tata krama, Cara Belajar Efektif, dan Kurikulum Merdeka

MPLS dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Bojonegoro pada hari pertama masuk ke sekolah, Senin,17 Juli 2023 yang dihadiri oleh orang tua siswa kelas 7 baru.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun pembelajaran 2023-2024 diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas VII SMP Negeri 3 Bojonegoro sejumlah 256 siswa.

Kegiatan ini sebagai realisasi dari salah satu tujuan sekolah untuk memperkenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah, sehingga mereka dapat mengenal situasi dan kondisi sekolah mereka yang baru sebelum mereka melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini peserta didik SMPN Negeri 3 Bojonegoro dapat mengenali potensi diri, meningkatkan kompetensi, produktif dan terus belajar.

Pada acara kata-kata penyerahan orang tua kepada pihak sekolah menyatakan dengan setulus hati menyerahkan pendidikan putra putri mereka di sekolah untuk menimba ilmu sesuai dengan kemampuan terbaiknya sebagai kewajiban di dalam mempersiapkan bekal hidup di masa mendatang

Selaku orang tua / wali, mereka menyadari bahwa tidaklah mereka mampu dan mempunyai waktu yang cukup untuk mendidik putra/putri mereka sendiri.

Karenanya, dengan penghargaan yang setinggi tingginya kepada bapak / ibu guru, mereka meyakini akan melakukan dan memberikan pelajaran yang sebaik – baiknya .

Tentu saja mereka percaya bahwa segala kebijakan dan kegiatan sekolah yang dirancang, pastilah dalam rangka untuk kebaikan para siswa semata. Karenanya, mereka tidak akan berlepas tangan untuk ikut memikul tanggungjawab bersama – sama sekolah

Besar harapan mereka, semoga putra – putri mereka dapat menemukan jati dirinya dalam mempersiapkan masa depan sebagai generasi unggul melalui layanan pendidikan terbaik di SMP Negeri 3 Bojonegoro ini.

Demikian juga kata-kata penerimaan yang dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 3 Bojonegoro antara lain; Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan selamat datang di SMP Negeri 3 Bojonegoro dan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami atas pendidikan putra putri Bapak / Ibu sekalian selama tiga tahun ke depan

Kami seluruh warga sekolah akan senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi putra putri Bapak /Ibu selama menempuh pembelajaran di SMP Negeri 3 Bojonegoro tercinta ini.

Kami yakin dan percaya bahwa SMP Negeri 3 adalah sekolah pilihan yang dipilih langsung oleh putra putri Bapak dan ibu, karenanya mari bersama – sama bergandeng tangan untuk terus menjaga nama baik SMP Negeri 3 Bojonegoro ini dengan mendukung program – program yang ada.

Kepada anak-anak peserta didik baru, selamat menimba ilmu di SMP Negeri 3 Bojonegoro. Selama 3 tahun ke depan, silahkan kalian belajar, berkarya, berimajinasi serta memperdalam ketrampilan yang kalian miliki melalui kegiatan-kegiatan yang telah disiapkan dalam berbagai extrakurikuler. Silahkan kalian mengadopsi dan mengadaptasi hal – hal yang kalian rasa perlu untuk dikembangkan dan teruslah berinovasi sebagai calon generasi penerus negeri ini.

Besar harapan kami, dengan dukungan dari para orang tua,anak – anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan jamannya menjadi generasi yang unggul dalam ketaqwaan.

MPLS berjalan sesuai dengan harapan,lancar terkendali dan kondusif.MPLS ditutup pada hari ini, Kamis, 20 Juli 2023 oleh Kepala Sekolah setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan unjuk talenta dari para peserta perwakilan kelas masing-masing

Kamis, 20 Juli 2023

Organizer: RETYO YULI PANCAISWATI

A.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya. Salam sukses.

20 Jul
Balas

Terimakasih bunda sudah berkenan membaca

21 Jul



search

New Post