Yulinda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Dalam melakukan perubahan perlunya melihat kodat keadaan yang terbagi dua yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam terkait dengan alam tempat masyarakat itu berada bisa dengan alam pertanian/pegunungan/perkotaan. Atau adanya ragam muslim yang membentuk kebiasaan masyarakat. Sedangkan kodrat keadaan yaitu adanya perbedaan zaman dari tahun ketahun setiap zaman keadaan memiliki tantangannya masing-masing. Saat ini revolusi 4.o menjadi keadaan zaman yang dimana teknologi menjadi keutamaan akses yang digunakan. Adanya Asas Trikon (Kontinuitas, Konvergensi dan Konsentris) dalam melakukan perubahan menurut Ki Hadjar Dewantara kita perlu berakar pada identitas dari sebuah masyarakat sehingga nilai esensi suatu daerah tetap ada sehingga Kontinuitas berjalan sesuai hakiki. Konvergensi artinya harus memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan selanjutnya Konsentris artinya pendidikan harus menghargai keragaman dan memerdekakan (harus menghargai perbedaan). Ibarat petani memiliki banyak bibit , setiap bibit akan tumbuh sesuai asalnya bibit padi akan tumbuh padi dan dalam merawat padi berbeda dengan bibit jagung masing-masing sesuai dengan kodratnya begitulah pendidik dalam konteks kehidupan sehari-hari Budi : Cipta , Rasa dan Karsa (Pikiran, Perasaan dan Kemauan), Pekerti : Tenaga ( Raga). Dalam filosofi Pendidikan KHD harus seimbang dalam perubahan tersebut ada olah cipta , olah rasa, olah karsa dan olah raga sehingga seimbang dan akan menjadi kesempurnaan budi pekrti yang membawa kita pada kebijaksanaan dan menghadirkan insan-insan penuh kebijaksanaan. Berorientasi pada murid untuk bisa memenuhi kebutuhan demi tumbuh kembangnya bakat minat.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post