Yuli Trianto

Penulis "Intuisi Cerita Pagi dan Bening Bola Mata Raisha," belajar menuangkan imajinya dalam bentuk tulisan. Walau tak cukup bekal teori menulis ia selalu saja ...

Selengkapnya
Navigasi Web
METODE PENILAIAN 360 DERAJAT  (Overview Penilaian Kinerja Guru)

METODE PENILAIAN 360 DERAJAT (Overview Penilaian Kinerja Guru)

Karangjambu, 28 Oktober 2017. Paparan Metode penilaian 3600 sebagai perluasan dalam sistem Penilaian Kinerja Guru (PKG) menghadirkan nara sumber Ali Nurdin, S.Pd. asesor Penilaian Kinerja Guru. Metode ini mengusung mekanisme baru dimana kinerja seorang guru dinilai berdasarkan umpan balik dari beberapa komponen yang memiliki hubungan kerja dengannya, yakni kepala sekolah, teman sejawat, siswa dan orang tua siswa.

Dalam implementasinya, metode penilaian 3600 kepala sekolah bertemu dengan para guru untuk membahas umpan balik yang diterima dari banyak pihak. Dengan mendapatkan umpan balik 3600, guru akan terbantu untuk menilai dirinya sendiri berdasarkan pengamatan di lingkungan kerjanya. Umpan balik itu dapat menjabarkan berbagai area dimana guru sudah menunjukkan kinerja yang baik, begitu pula memperlihatkan area dimana titik-titik lemah bagi guru yang bersangkutan untuk meningkatkan diri. Yang menarik, informasi ini bisa mencakup sejumlah aspek yang tidak disadari baik oleh si guru sendiri maupun oleh kepala sekolah. Idealnya, guru memandang sebagai metode yang lebih fair dan akurat.

Penerapan metode baru ini tentu saja akan menimbulkan dampak positif dan negatif yang dialami oleh para guru sebagai sasaran pemberlakuan metode ini. Dampak positif dari hasil penilaian 3600 akan dapat membantu para guru, diantaranya : (1) Memperoleh umpan balik dari berbagai sumber, yang tentu akan lebih objektif dibandingkan jika umpan baliknya hanya berasal dari diri sendiri, (2) Mengurangi risiko terjadinya diskriminasi dan efek-efek pribadi dalam penilaian kinerja, (3) Mengembangkan kerja sama yang erat di kalangan para guru dalam setiap pangkalan kerja, (4) Memahami kebutuhan pengembangan perorangan maupun sekolah sebagai suatu organisasi, (5) Menyediakan informasi yang tepat mengenai apa yang harus diperbuat oleh guru dalam rangka meningkatkan karier dan (6) Meningkatkan kualitas kerja secara menyeluruh.

Sisi negatif dampak penerapan metode penilaian 3600 antara lain : (1) Penilaian dilakukan secara anonim, guru yang memperoleh penilaian tidak bisa mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang melatarbelakangi penilaian tersebut. Dalam situasi seperti ini, penerimaan terhadap hasil penilaian tentu cenderung menurun dan melemahkan (2) Akurasi hasil penilaian ini cenderung meragukan, karena dilakukan oleh para penilai yang kurang berpengalaman dan kurang terlatih, (3) kemungkinan terjadi hasil penilaian yang saling bertentangan karena dilakukan oleh berbagai pihak, (4) keterlibatan banyak pihak tentu saja menimbulkan konsekuensi ketersediaan banyak instrumen (formulir dan dan dokumen pendukung) yang harus disediakan.

Penerapan metode baru diharapkan dapat berdampak positif pada kinerja guru. Pemahaman terhadap sistem ini harus benar-benar maksimal agar dalam pelaksanaannya nanti tidak berhadapan dengan kendala yang justru akan menciderai semangat guru. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Serius,,,belajar ini sayaa

28 Oct
Balas

Belajar, sepanjang hayat, semangat!!!

30 Oct

Guru terbuka trhdp kritik yg memberi solusi

28 Oct
Balas

Kebijakan yg membuka peluang mendewasakan guru-guru kita

28 Oct

Guru harus belajar memahami fitrahnya sebagai guru. Siip Pak.

28 Oct
Balas

Pak Pras, terima kasih, mengingatkan fitrah kita sebagai guru

30 Oct

Bagus skli pak

30 Oct
Balas

Terima kasih ibu, mari kita resapi, semoga memberikan dampak positif dari penerapan metode ini.

30 Oct

Terimakasih Pak ...informasi..

28 Oct
Balas

Sama-sama ibu, semangat berkarya ibu..

28 Oct

Terima kasih perlu diseminasi lebih lanjut, sehingga tidak ada langkah keliru karena subyrktifitas

28 Oct
Balas

Subyektifitas sgt menyengat hati guru, minimalisir ketidakadilan, jgn lukai hati guru.

28 Oct

Menurut saya penilaian metode tsb bagus,karena sudah efektif dan realistis, guru mudah dalam mengevaluasi diri dari hasil penilaian berbagai pihak

30 Oct
Balas

Terima kasih ibu, penerapan metode ini memberikan kesempatan guru untuk selalu berkaca diri. Teman adalah cermin bagi kita.

30 Oct

TOP

30 Oct
Balas

Terima kasih ibu, maju guru untuk guru-guru kita, semangat...

30 Oct

Emg nya metode penilaian gru saat ini menggunakan metode apa y?

22 Nov
Balas



search

New Post