Yuli Trianto

Penulis "Intuisi Cerita Pagi dan Bening Bola Mata Raisha," belajar menuangkan imajinya dalam bentuk tulisan. Walau tak cukup bekal teori menulis ia selalu saja ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA

PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA

Secara harfiah pengertian budaya (culture) berasal dari bahasa Latin Colere, yang berarti mengerjakan tanah, mengolah atau atau memelihara lading. Ashley Montagu dan Cristper Dawson mengartikan kebudayaan diartikan sebagai way of life, yaitu cara hidup tertentu yang memancarkan identitas tertentu pula dari suatu bangsa. Sedangkan Koentjoroningrat menjelaskan bahwa budaya adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan segala hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar.

Salah satu strategi pembelajaran yang akhir-akhir ini banyak diterapkan pada lembaga-lembaga sekolah baik tingkat dasar, menengah, atas maupun di tingkat perguruan tinggi adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis budaya. Strategi ini menerapkan penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran.

SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu sebagai sekolah minimalis dalam berbagai aspek selalu berusaha menerapkan strategi pembelajaran dengan berbasis budaya. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada saat liburan akhir tahun adalah dengan cara mengunjungi obyek wisata Candi Borobudur Maksud dari kegiatan tersebut adalah memberikan gambaran nyata bahwa Candi Borobudur yang berlokasi di jalan Badrawati, Borobudur, Jawa Tengah merupakan asset budaya adi luhung peninggalan nenek moyang kita. Sikap menghargai warisan budaya bangsa adalah strategi untuk selalu nguri-uri kekayanan budaya yang adi luhung. Melalui kegiatan ini diharapkan sikap mental siswa yang bangga atas kekayaan budaya bangsa, serta tercipta pola pikir positif dalam rangka upaya pelestarian budaya sebagai asset berharga bangsa ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siiiip Pak

14 Oct
Balas

Terima kasih ibuuu... sukses selalu ibu Puspa

18 Oct

Terima kasih ibuuu... sukses selalu ibu Puspa

18 Oct



search

New Post