Yulizeslika

Guru di Sukabumi Jawa Barat. Gemar membaca, menulis, jalan-jalan, dan belajar hal-hal baru. Bisa dihubungi melalui email: [email protected] ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ayo Wisata Buku di Pasar Kenari (Tantangan Hari Ketigabelas)

Jika mengaku pecinta buku, maka kita perlu berkunjung ke Pasar Kenari untuk wisata buku. Pasar ini terletak di kawasan Salemba Jakarta Pusat. Jika naik Transjakarta, kita bisa turun di halte UI Salemba sebagai halte terdekat dengan lokasi.

Pasar Kenari dikelola oleh PD Pasar Jaya. Toko buku yang dimaksud ada di Pasar Kenari Lama yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Kenari Baru. Lantai 1 dan 2 adalah toko-toko untuk peralatan listrik. Toko buku ada di lantai 3. Untuk menuju ke lantai 3 bisa menggunakan tangga dan eskalator.

Suasana di lantai 3 cukup nyaman bagi pengunjung. Pengelola menyediakan pendingin ruangan, kursi kayu panjang untuk duduk dan rumput sintetis untuk tempat lesehan. Selain itu juga ada cafe untuk minum kopi dan kantin yang menyediakan makanan.

Ada banyak kios yang tersedia bagi pelapak. Sayangnya, masih banyak kios yang kosong. Kios-kios tersebut diisi oleh para pedagang buku yang pindah dari sentra penjualan buku di Pasar Senen dan Kwitang. Kios-kios ini menyediakan buku baru dan buku bekas. Selain kios-kios buku tradisional, juga ada pasar buku modern JakBook. Beda kios dan toko buku di sini dengan kios dan toko buku di tempat lain adalah harganya yang murah.

Bagi yang mau membeli buku pelajaran sekolah terbitan Kemdikbud, persediaannya banyak di Jakbook. Buku-buku cerita anak-anak dan buku-buku pendidikan untuk para guru juga melimpah. Tinggal pintar dan sabar memilih saja diantara tumpukan buku. Harga yang tertera di buku sama dengan harga di toko buku pada umumnya, tapi di kasir nanti akan didiskon. Di kios-kios pedagang jarang ada buku-buku pelajaran sekolah tapi cukup banyak tersedia buku-buku literatur kuliah dan majalah-majalah bekas. Saya juga menemukan buku-buku langka yang terbit pada masa Orde Lama di kios-kios ini. Buku-buku tersebut harganya mahal, sampai ratusan ribu.

Bagi yang ingin wisata buku ke sini, sebaiknya jangan terlalu sore. Meskipun toko dan kios buka sampai pukul tujuh malam, deretan toko di lantai 1 dan 2 sudah tutup sekitar pukul lima sore. Akibatnya, suasana ketika turun di tangga dan eskalator hingga di lantai 1 dan 2 sangat sepi. Kalau datangnya dengan rombongan tidak masalah. Ayo wisata buku di Pasar kenari! Silahkan menikmati buku murah meriah tapi bermutu!

#Tantangan Gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post