Yunengsih

Lahir di Jakarta, tanggal 17 September bertugas di MI Nurul Hidayah Ciputat Timur Tangerang Selatan....

Selengkapnya
Navigasi Web
GELIAT DI ERA PANDEMI

GELIAT DI ERA PANDEMI

Ungkapan tentang hikmah dibalik musibah banyak tersajikan dalam bentuk tulisan maupun pemberitaan yeng memenuhi tayangan elektronik dan media sosial.

Sebagai muslim tentu merujuk pada dalil diantaranya dalam QS Al Insyirah 5-8, yang artinya "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan , Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan,maka apabilah telah selesai(segala urusan) kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,dan hendaknya kepada Tuhanmulah kamu berharap"

Dunia pendidikan  adalah salah satu bidang yang terdampak pandemi covid-19,Kegiatan belajar mengajar di rumahkan.Kepala sekolah,guru, orang tua dan siswa, memliki rasa yang sama "kebingungan" walau isi bingungnya berbeda.

Hari demi hari terlampaui mulai semua mencoba beradaptasi, dengan kapasitasnya masing-masing.Sebagai guru,saya mulai tertantang, memutar otak dan laptop, apa yang harus disajikan kepada siswa agar tetap dapat membangun chemistry dan enjoy menjalankan "KBM" dari rumah.Seiring dengan itu bermunculan lah berbagai workshop dan pelatihan online yang ditawarkan dari berbagai instansi,

Dari beberapa  yang saya ikuti mulai ada pencerahan beranjak dari kejenuhan.Dari materi yang memberi motivasi, keterampilan "menulis" sampai peltihan yang mengasah kecerdasan menggunakan gadget dalam pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam rangka "WFH"

Subhanallah….ternyata pandemi covid-19  yang kita sebut sebagai  musibah memberi hikmah,tidak menunggu pandemi ini berlalu hikmah sudah dapat dirasakan.

Guru , orang tua dan siswa mulai mengenal istilah belajar online, bahkan akrab.Guru jadi keren menggunakan media pembelajaran online, Vidio call, pdf via WAG , meeting zoom, google form, class room , dan aplikasi lainnya.

Yang paling terpenting adalah geliat budaya berinovasi dalam pembelajaran jangan berlalu ketika Pandemi berlalu..

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post