YUNIARNI

Guru SMAN 2 Rambatan. Lahir dan dibesarkan di Batavia. Hibrid dari keturunan Jawa dan Aceh. Mengambil ikatan dinas di Sumatera Barat , awal tahun 1991 sa...

Selengkapnya
Navigasi Web
KARAKTERISTIK GURU DI ABAD 21

KARAKTERISTIK GURU DI ABAD 21

Bagaimana seorang guru harus menghadapi peserta didiknya di abad 21 ?

Karakteristik guru di abad 21 adalah :

1. Learner centered classroom and pernonalized instruction .

Saat ini siswa lebih mudah terhubung dengan akses dimana pun, oleh karenanya guru berfungsi sebagai pembimbing sehingga siswa dapat memperoleh informasi untuk kepentingan pembelajarannya .

2. Students as producer

Guru harus memberikan kesempatan pada siswa untuk menunjukan hasil kemampuan yang sesuai dengan potensi dan karakteristik yang dimilkinya.

Dengan perkembangan tekhnologi ini siswa dapat menggunakan berbagai tekhnologi untuk kepentingan pembelajaran.Sehingga pengalaman yang mereka miliki menjadi lebih bermakna.

Tugas kita sebagai guru adalah membimbing siswa, memberikan kesempatan dan memberikan fasilitas pada siswa, bagaimana siswa dapat belajar dengan berbagai fasilitas tekhnologi yang telah disediakan.

3.Learn new technologi.

Sebagai seorang guru kita harus terus belajar dan harus dapat melihat perkembangan tekhnologi yang ada.

Jangan sampai seorang guru terhambat perkembangan tekhnologinya dibandingkan siswa kita sendiri.

Untuk itu kita harus selalu belajar mengenal tekhnologi yang ada pada saat ini.

4. Go Global

Maksudnya adalah bagaimana seorang guru bisa memfasilitasi siswa belajar secara langsung tentang sesuatuapapun di belahan manapun melalui tekhbologi ini .

Karena saat ini siswa dapat terhubung dengan berbagai media sehingga bisa mengakses informasi apapun untuk menambah wawasan sebagai pengetahuan yang akan mereka miliki.

5. Be smart and use smarphones.

Bijak dalam menggunakan internet dengan baik dan bukan hanya kekedar life style.

6. Go Digital.

Hal ini sangat penting karena saat ini kita diharapkan hidup dengan go green, harus bisa mengurangi penggunaan kertas yang kurang berguna.

Sehingga saat ini proses pembelajaran sudah banyak menggunakan internet dan digital life sbg bahan pembelajaran.

Sehingga materi yang kita sampaikan pun bisa terorganisir.

7. Colaborate.

Guru harus mampu mengkolaborasikan antara tekhnologi yang ada dengan kemampuan kita dan potensi siswa yang di miliki sehingga bisa berjalan secara harmonis dan menghasilkan pengetahuan yang komprehesip.

8. Connec.

Siswa bisa menghubungi pengetahuan yang dimiliki saat ini dengan berbagai imformasi yang akan datang.

Webinar by Dr.Laksmi Dewi MPd.

Padang panjang

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post