Yuniar Prihanti

Lahir di Bondowoso 18 Juni 1974. Sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Guru Kimia di SMA Negeri 2 Bondowoso. Tinggal di kota Bondowoso, Jawa Timur. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
GERAM
http://najihullah.blogspot.com/2015/09/percobaan-v-analisis-kuantitatif.html

GERAM

#Pentigraf

Pendidikan Sain

GERAM

“Minggu depan kita praktikum, silahkan kalian pelajari prosedur praktikum di buku paket halaman 187”. Kuakhiri pembelajaran kimia hari itu dengan janji yang mereka tunggu-tunggu, Praktikum.

Pagi ini sengaja aku mangkir dari rutinitas upacara bendera. Bukan tak cinta tanah air, tapi aku harus menyiapkan praktikum kimiaku. Larutan-larutan itu harus baru, agar perubahannya terlihat jelas saat dicampurkan. Meski jenis yang kubuat tak banyak, tapi butuh ketelitian dalam membuatnya. Konsentrasinya harus pas, melenceng sedikit, perubahan warna yang diharapkan tak kan jelas terlihat. Kutuang larutan-larutan itu dalam botol-botol reagen bersih. Nama, rumus kimia dan konsentrasi tertera lengkap dalam label yang kutempelkan. Pipet-pipet tetes kusiapkan disetiap botol reagennya.

Tiba saat yang ditunggu-tunggu siswaku. Melalui ketua kelas, kuminta seluruh siswa kelas XI MIPA 6 menuju laboratorium kimia. Sebelum praktikum kujelaskan apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat praktikum. Kutunjukkan bahwa larutan yang akan digunakan bisa diambil dengan pipet yang telah disediakan. Kujelaskan pula bahwa alat yang digunakan harus bersih, pipet tak boleh digunakan bercampur agar larutan tidak terkontaminasi. Arahan telah kusampaikan agar praktikum mereka tidak gagal. Praktikum pun dimulai, aku berkeliling mengamati apa yang mereka kerjakan. Tiba-tiba Dilla menghampiriku, “Bu… larutannya kok jadi merah semua?” Kulihat larutan-larutan di botol reagen, semua telah terkontaminasi, warnanya telah berubah menjadi merah. Entah siapa yang tak mengindahkan arahanku, tak ada yang mengakuinya.

-Tamat-

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bu guru yang bijaksana pasti akan bersabar menghadapi ulah muridnya..keeen Bu

24 Jun
Balas

Sabar bund.. Hihi

23 Jun
Balas

Namanya saja eksperimen he he pasti coba coba n lihat apa reaksi gurunya....salam literasi

24 Jun
Balas

Lagu buat eksperimen, jadi warna beda..he..he..kereen, bu

24 Jun
Balas

Rukim mmg Menguji kesabaran ya bu,...

24 Jun
Balas

Jangan marah Bu guru, muridnya lagi ujicoba reaksi lain, he...he... murid-murid memang nakal ya Bunda. Keren ceritanya, salam.

23 Jun
Balas



search

New Post