YuniarSafitri

Yuniar seorang guru SMK mata pelajaran produktif Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di SMKN 1 Nguling Kabupaten Pasuruan satu daerah pesisir di Pasuruan bagi...

Selengkapnya
Navigasi Web
UNTUK APA SIH NEW NORMAL?

UNTUK APA SIH NEW NORMAL?

(#Tantangan GuruSiana Hari ke-30)

Semenjak bapak Presiden Jokowi mengumumkan kebijakan New Normal, beraneka ragam respon yang diberikan oleh masyarakat. Ada yang menanggapinya dengan suka cita karena merasa hampir tiga bulan berada di rumah saja. Tetapi ada pula yang menanggapinya dengan kekhawatiran karena pandemi masih ada dan jumlah penderita belum melandai. Dan pemerintah menyampaikan bahwa daerah-daerah yang dapat melaksanakan New Normal (kondisi baru) adalah daerah yang penderitanya sudah melandai dalam arti termasuk kategori hijau.

New Normal bagi penulis hubungannya adalah dengan pembiasaan. Pembiasaan ini sudah kita alami berkali-kali salah satunya adalah saat harus Work From Home suka tidak suka, terpaksa atau tidak dilakukan. Biasanya di awal pelaksanaan terjadi kesulitan. Dan terbukti dapat dilakukan walau tak bisa seluruhnya.

Beradaptasi dapat kita lakukan karena itu adalah salah satu sifat manusia. Karena itulah manusia dapat bertahan hidup mulai jaman purba. Pembiasaan akan terus dilakukan sampai kapan pun. Adanya covid-19 memaksa kita untuk melakukan pembiasaan, penyesuaian dalam new normal.

Ada yang menganggap adanya covid-19 itu bencana, tetapi adapula yang sebaliknya menganggap anugrah kesempatan untuk merenung dan koreksi diri. Tetapi itulah manusia berbeda-beda cara menyingkapinya. Dan adaptasi perlu dilakukan agar kita dapat bertahan untuk hidup.

Adaptasi kondisi baru sudah kita lakukan sebetulnya yaitu pada saat Work From Home diberlakukan. Berbagai macam cara orang menanggap cara beradaptasi saat Work From Home adalah dengan rebahan, membuat tik tok, membuat tutorial masak dan lain-lain. Adapula yang menyingkapinya dengan melakukan adaptasi lewat melakukan evaluasi diri, memilih aktivitas mana yang harus dilakukan, didulukan atau dipinggirkan dulu. Jangan heran beberapa orang berhasil berkarya menghasilkan buku-buku atau banyak tulisan saat harus Work From Home.

Ada yang dapat beradaptasi saat Work From Home, dia semakin produktif dalam berkarya, tetapi adapula yang bertambah berat badannya. Kehidupan senantiasa berubah yang menuntut adaptasi, manusia yang dapat beradaptasi akan dapat bertahan dan berkualitas. Anda termasuk yang mana?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

betul bun...saya mengalaminya hehe

31 May
Balas

Menghasilkan karya dan bertambah BB hehehe, sukses bu

31 May
Balas



search

New Post