Yuni Asdhiani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kiat karya tulis diterbitkan penerbit mayor

Kiat karya tulis diterbitkan penerbit mayor

Kelas belajar menulis Nusantara PGRI (Pertemuan 6 Gelombang ke 28)

Narasumber : Prof. Eko Indrajit

Moderator : Aam Nurhasanah, S.Pd

Hari/tanggal : Jumat/ 20 Januari 2023

Tema : Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu

Menilik tema pada pertemuan jumat malam ini, ada sebuah jawaban yang tak disangka-sangka muncul yaitu menjadikan tulisan kita dilirik atau dapat diajukan ke penerbit mayor. Imej penerbit mayor adalah berisi para penulis hebat, popuper, karya tulis bisa dipajang di toko buku ternama, dan lainnya yang dibayangkan tak mungkin terjamah kecuali karya tulis kita betul-betul berkualitas atau populer dan bernilai jual tinggi.Namun hal tersebut tertepiskan oleh Prof. Eko dari hasil diskusi melalui wa grup.

Siapa Prof Eko ?, awalnya saya belum kenal dengan beliau setelah membaca profil dan menyimak channel youtubenya Prof.Ekoji wah super sekali bersyukur bisa berguru dan mengikuti pelatihan menulis ini, nama lengkap Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc, M.B.A, M.Phil, M.A, lahir tanggal 24 Januari 1969 dikenal sebagai tokoh pendidikan dan pakat teknologi informatika, sekarang menjabat sebagai Rektor Universitas Pradita.

Buku yang telah ditulis sebanyak 121 buku mayor, 623 artikel dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Alasan suka menulis adalah karena ingin membagikan ide, pemikiran, gagasan dan cerita pada orang lain. Buku mayor pertama terbit tahun 2000, 10 buku pertma isinya bunga rampai dan setiap buku terdiri dari 50 artikel, dan setiap artikel berisi ringkasan satu topik yang sedang trend, wow sangat produktif dalam menulis. Sejak tahun 2020 mulai menjadi youtuber ketika guru dan siswa harus belajar di rumah dengan tema PJJ dalam video yuotubenya.

Kiat-kiat yang disampaikan Prof Eko yang berpengalaman sebagai penulis mayor agar karya tulis diterbitkan oleh penerbit nasional adalah :

1. Jika ingin menuliskan buku yang diterbitkan mayor kita harus mengikuti kebutuhan pasar atau trend

2. Menulis bukan untuk diri sendiri tetapi untuk orang lain

3. Cari judul-judul yang dibutuhkan sekolah zaman sekarang seperti classroom design and management, community based learning, The 21st century learning skill dan lain-lain

4. Menulislah dari hal yang sederhana dan kita kuasai serta ada sumber referensinya

5. Carilah judul yang antimainstrem, jika judulnya biasa-biasa saja akan kurang dilirik penerbit mayor

6. Isi dan konten menarik dan disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar

7. Bermimpilah karya tulis anda akan dipajang di toko buku dan eksekusi

8. Practice makes perpect, banyak berlatih menulis

9. Judul yang diambil harus kita cek juga kepopulerannya dalam google trend masih menjadi trend atau tidak.

10. Tulislah buku dengan tema yang mulai tumbuh jangan menulis tema yang sudah runtuh

Bagi Penulis pemula jangan takut untuk memulai menulis, bismilah, yang berat itu bukan rasa rindu tapi menulis buku.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post