Yuni Asdhiani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kiat Mengatasi Writer's block (kebuntuan menulis)

Kiat Mengatasi Writer's block (kebuntuan menulis)

Kelas belajar menulis Nusantara PGRI (Pertemuan 7 Gelombang ke 28)

Narasumber : Ditta Widya Utami, S.Pd

Moderator : Raliyanti, S.Sos, M.Pd

Hari/tanggal : Senin/ 23 Januari 2022

Tema : Writer’s Blok (kebuntuan dalam menulis)

Kiat mengatasi kebuntuan menulis

Senin malam ini dimulai kembali pelatihan menulis dengan tema writer’s blok bahasa Indonesianya kebuntuan dalam menulis, kenapa hal tersebut terjadi ?, akan dibahas selanjutnya. Materi hari ini dimoderatori oleh Raliyanti yang sudah menerbitkan dua buku, yang pertama berjudul “Wujudkan mimpi terbitkan buku”, buku kedua berjudul “Guru di era digital” dan 17 buku ontologi baik fiksi atau non fiksi.

Pemateri hari ini bernama Ditta Widya Utami, S.Pd salah satu guru IPA di SMPN 1 Cipeundeuy Subang Jawabarat, mempunyai 5 karya tunggal 1.Precious sebuah novel, 2.Mengapa Tak kau tanyakan saja juga novel, 3.buku “Lelaki di ladang tebu” sebuah cerpen, 4.buku “Membongkar rahasia menulis”, 5.buku “sepenggal kisah corona”, dan banyak buku ontologi lainnya, juga alumni gelombang ke 7 pelatihan menulis. Membaca dan menulis sudah menjadi passion sejak kecil dimulai dari menulis diary sejak SMP berbahasa Inggris, menulis menjadi self healing dan hal tersebut sesuai ahli psikologi karena dapat membantu penyembuhan jiwa untuk mengatasi stres/depresi.

Salah satu prestasi yang diraih yaitu berhasil mendapatkan juara kedua dalam lomba krestivitas mahasiswa di Jurusan dan mendapatkan dana hibah 40 juta, pada masa awal pandemi mengikuti kelas menulis angkatan 7, kemudian aktif kembali menulis diblog dan berkesempatan menulis bersama Prof Eko Indrajit (angkatan pertama yang bukunya terbit di penerbit mayor). Lulus guru penggerak angkatan 3 dan sedang bertugas di angkatan 6.

Menulis akan membawa manfaat yang sangat banyak bagi siapapun yang melakukan, entah itu karena hobi, kebutuhan, profesi atau lainnya, karena manusia termasuk makhluk berbahasa dan berbudaya. Menulis merupakan sebuah kata kerja sehingga menghasilkan karya tulis yang beragam apapun hasil tulisannya.

Apa itu writer’s block ?, menurut wikipedia adalah sebuah keadaan ketika penulis merasa kehilangan kemampuan menulis atau tidak menemukan gagasan baru untuk tulisannya. Istilah ini sudah ada sejak tahun 1940an yang diperkenalkan oleh Edmund Berlger seorang psikoanalis di Amerika. Kondisi ini bisa dialami siapapun yang bekerja di dunia tulis menulis, baik itu penulis novel, cerpen, artikel, puisi, jurnalis dan lainnya. Artinya ketika kita merasa tidak bisa menuliskan sesuatu ibaratnya otak kita ngebleng, tidak punya passion, tidak punya ispirasi atau merasa lelah hal tersebut bisa dikatakan terkena writer’s block.

Faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan writer’s block diantaranya :

1. Mencoba metode/topik baru dalam menulis

2. Stress

3. Lelah fisik/mental

4. Terlalu perfeksionis

Kiat yang bisa dilakukan untuk mengatasi wrtiter’s block yaitu :

1. Mencoba hal baru/ memilih untuk rehat sejenak atau refreshing

2. Membaca buku yang ringan

3. Menulis secara bebas

4. Membuat batasan waktu untuk diri sendiri

5. Membuat skala prioritas dan membuat jadwal menulis

6. Kenali waktu terbaik kita dalam menulis

7. Menguatkan tekad, menyakinkan diri akan tujuan yang mau diraih dan menulis kembali

8. Menulis dengan hati niatkan untuk beribadah, berbagi pengalaman, berbagi manfaat, menulis sesuai passion atau yang kita kuasai

9. Practise makes perfect, perbanyak membaca apa yang akan kita tulis

10. Percaya dengan hasil tulisan kita

Ditutup dengan kata pepatah yang mengatakan “ It doesn’t matter how brilliant is your brain, if you dont speak up, it would be zero”, artinya seberapa cerdasnya kita tidak akan berarti jika kita tidak mengungkapkan/menulis sesuatu, oleh karena itu jangan takut menulis, menulislah dengan passionmu biarkan pikiran dan jiwamu berkelana dengan pena atau jari di layar laptop, buatlah hidupmu berwarna dan bermakna dengan mengikat tulisan menjadi sebuah karya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post