Yuni Asdhiani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Monitoring PAT BTQ di SMPN 3 Karang Bahagia

Hari Jumat kemarin pada tanggal 9 Juni 2023 melaksanakan kegiatan monitoring kegiatan penilaian sumatif akhir semester 2 pada mata pelajaran BTQ di SMPN 3 Karang Bahagia. Pelaksanaan tes tertulis BTQ dimulai pada jam 10.00 sampai 11.00, melalui daring dengan menggunakan google form bagi siswa yang mempunyai hp dan bagi siswa yang tidak mempunyai hp dilaksanakan secara paper pencil yaitu mengerjakan ujian tes secara tertulis di kertas ujian.

SMPN 3 Karang Bahagia terletak di komplek perumahan Nirwana. Ada hal yang membuat menarik untuk dibahas yaitu dari segi soal tes yang diujiankan yaitu kisi-kisi yang dibuat guru sebaran soal mudah, sedang dan sukar belum merata sehingga aplikasi di soal tes yang disajikan kepada siswa kelas 7 dan 8 hampir berkategori mudah secara teori. Hasil observasi ternyata masih ada siswa yang belum bisa membaca Al Quran ketika disuruh untuk membaca contoh ayat masih belum bisa, namun banyak juga yang sudah bisa membaca contoh ayat yang ada di soal.

Persoalan yang urgen di kabupaten Bekasi khususnya sekolah negeri baik SD, SMP, SMA dan SMK adalah memberantas buta huruf membaca Al Quran. Khusus di SMP mata pelajaran BTQ sudah dimasukkan menjadi mata pelajaran muatan lokal dengan rata-rata jam pelajaran 1 jam, realita pada pelaksanaan pembelajarannya cukup terbatas dalam aplikasi pengetahuan dan praktik BTQ di kelas. Persoalan lainnya yaitu silabus sudah ada namun untuk RPP rata-rata guru BTQ yang merangkap sebagai guru PAI juga belum mempunyai, dulu ada namun tidak diupgrade kembali isinya karena ada buku pegangan BTQ. Hal tersebut terjadi di SMPN 3 Karang Bahagia.

Hal lainnya yang butuh tindak lanjut adalah ruangan kelas yang rusak lantainya di kelas lantai bawah sehingga kelas tidak dipakai dan ada kaca yang pecah, alhasil pembelajaran difokuskan di lantai 2. Di kelas lantai 2 pun kondisinya tidak jauh berbeda namun lebih sedikit lantai yang terkelupas keramiknya. Secara keamanan dan keselamatan siswa hal tersebut menjadi bahan untuk mengajukan perbaikan karena akan menyebabkan luka jika terkena anggota badan. Walaupun sekolah negeri dengan pendanaan terbatas namun perlu diprioritaskan hal tersebut, jika dana sekolah terbatas bisa meminta bantuan komite sekolah untuk mendiskusikan dengan orangtua agar ditemukan solusi yang terbaik. Kebersihan kelas pun harus diperhatikan ketika ujian, guru dapat menyuruh siswa untuk piket sebelum waktu ujian tiba walaupun sedang ujian agar suasana kelas bersih, rapih dan nyaman.

Ruang fisik yang aman untuk siswa belajar melibatkan penciptaan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung di dalam ruang kelas. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam menciptakan ruang fisik yang aman yaitu ruang kelas harus bebas dari bahaya fisik seperti perabot yang rusak, kabel listrik yang terpapar, tata letak ruang kelas yang baik meja dan kursi harus disusun dengan baik sehingga siswa memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan bekerja dengan nyaman, ruang kelas harus memiliki pencahayaan alami yang cukup dan pencahayaan buatan yang memadai untuk membantu siswa melihat dengan jelas, ruang kelas memiliki ventilasi yang memadai dan mempertimbangkan penggunaan alat pengatur suhu seperti penggunaan kipas angin atau AC, ruang kelas yang bersih dan terorganisir menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan produktif (American Academy of Pediatrics, 2020) (Council of Educational Facility Planners International (CEFPI), 2019)

Referensi :

American Academy of Pediatrics. (2020). Guidance for School Re-entry. Retrieved from https://services.aap.org/en/pages/2019-novel-coronavirus-covid-19-infections/clinical-guidance/guidance-for-school-re-entry/

Council of Educational Facility Planners International (CEFPI). (2019). The Practical Guide to Creating Safe School Environments. Retrieved from https://www.cefpi.org/Document/2019/9/SafeSchools-Guide-V6-1.pdf

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post