Yuni Asdhiani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sanlat Sebagai Sarana Pembiasaan Siswa

Sanlat Sebagai Sarana Pembiasaan Siswa

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan atau populer dengan sebutan sanlat yang dilaksanakan pada jenjang SD,SMP, SMA dan SMK adalah sebuah program pendidikan agama Islam yang biasanya dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Program ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan siswa terhadap agama Islam dan memperkuat praktik keagamaan mereka serta membangun akhlakul karimah.

Lamanya Pesantren Ramadhan dilaksanakan tergantung kebijakan sekolah masing-masing, ada yang dimulai dari awal bulan Ramadhan, pertengahan atau sebelum libur Hari Raya Idul Fitri. Untuk jadwal kegiatan sanlat masing-masing sekolah terkadang juga berbeda, baik dari segi materi, metode dan media pembelajaran, namun inti sari materi biasanya tentang Al-Quran, Hadis, Fiqh, Akhlak yang dikembangkan menjadi sub-sub materi pada siswa oleh bapak ibu guru PAI. Selain itu, siswa juga akan diajarkan tentang ibadah-ibadah sunnah dan cara melaksanakan puasa dengan baik dan benar.

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di SMPN 1 Sukatani sudah berjalan sejak hari senin tanggal 27 Maret 2023 sampai 01 April 2023. Kegiatan sanlat dibagi sesuai kelas untuk kelas 7 dimulai sejak tanggal 27-28 Maret 2023, kelas 8 dimulai sejak tanggal 29-30 Maret 2023, kelas 9 dimulai sejak tanggal 31-01 April 2023. Waktu pelaksanaan sanlat dimulai pada jam 07.00-10.00 dengan melaksanakan shalat dhuha bersama yang dipimpin oleh guru PAI, membaca Yasin dan tadarus Al-Quran, kemudian pemberian materi oleh guru PAI, siswa diberikan tugas meresume materi serta ditutup dengan doa.

Tujuan Pesantren Ramadhan siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari terutama tentang puasa dan seluruh amalan baik yang wajib dan sunah. Setelah mengikuti program ini diharapkan siswa dapat menjadi lebih baik dalam menjalankan ibadah dan memiliki kedekatan yang lebih dekat dengan Allah SWT tidak hanya ketika bulan Ramadhan saja tetapi pada bulan-bulan selanjutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post