Yuni Hasnidar

Pendidik di MAN Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Baginya, menulis sama halnya dengan memantra kata. Menulis membahagiakan....

Selengkapnya
Navigasi Web

MENUMBUHKAN SEMANGAT BERKOMPETISI PADA ANAK

MENUMBUHKAN SEMANGAT BERKOMPETISI PADA ANAK

#Harike368

Tiap pribadi anak miliki nilai kekhasan dan unik. Maka jangan pernah menyamakan mereka dengan yang lain. Contohnya, putra saya bang Orel. Ia tidak terima ketika saya katakan " coba teladani Kartini yang rajin membaca buku serta menulis"". Ia protes halus. Sangat menyakitkan baginya jika disamakan atau dibedakan dengan orang lain. Spontan dibalas jawab putra saya dengan ucapan ""Zaman bu R.A Kartini kan tidak ada Handphone wajar jika beliau bersahabat dengan buku"". Lalu marahkah saya? memplototinya, atau memintanya diam dengan nada suara tinggi.

Saya tidak melakukannya, walaupun sesungguhnya sangat menahan diri. Emosi jangan dipelihara sebab tidak memberikan solusi. Cara bijak itu dengan mengajak si abang bicara. Dengan memberikan deskripsi yang berisi contoh-contoh sederhana sesuai usianya ini mudah diterima. Penjelasan yang tidak mengada-ada, masuk akal dengan mudah diterima si anak. Menggunakan gawai dibolehkan, namun telah seimbangkah dalam pemanfaatan. Yang benar itu seusia sekolah pemanfaatan gawai dioptimalisasikan buat memperoleh informasi.

Informasi terkait pembelajaran, perlombaan, memberi kesempatan untuk menumbuhkan semangat bersaing. Mengikuti sebuah lomba harus siap baik buruknya. Jika menang disyukuri, sebaliknya jika belum pun tetap bahagia. Menang kalah menjadi hal yang biasa. Perhatian dan pendampingan selalu diberikan. Saya menyempatkan total untuk momen ini. Sehingga si anak merasa bahwa ada sesuatu yang bernilai pada dirinya.

Karimun, 20 April 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus

20 Apr
Balas



search

New Post