Yuni Ira musyarofa

Yuni ira musyarofa seorang guru madrasah di Lumutan Kec. Botolinggo Kab Bondowoso...

Selengkapnya
Navigasi Web

Dilema PJJ

Hampir enam bulan kebijakan proses kegiatan belajar mengajar tetap menggunakan sistem Daring (online) karena melihat beberapa daerah masih zona merah. Banyak sekali problematika yang dialami proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat ini, sehingga bisa menimbulkan konsekuensi yang luas. Belajar secara daring mensyaratkan sarana dan prasarana yang memadai, baik bagi para guru maupun murid, namun kenyataannya tidak semua siswa memiliki akses yang memadai.

Banyak warga masyarakat khususnya warga kurang mampu mengalami kesulitan menyediakan sarana dan prasarana tersebut bagi anak-anak mereka. Sebutlah si Siti salah satu siswa Menengah pertama disalah satu SMP, semenjak proses belajar menggunakan daring dia harus mengumpulkan tugas secara online, yang semua itu membutuhkan biaya untuk membeli paket data. Ibu Siti hanya seorang buruh pabrik di salah satu PT, sedangkan ayah siti yang kini menderita sakit vertigo dan sedikit sulit berjalan karena pernah kecelakaan di tempat kerja hanya berjualan makanan kecil di warung terbuat dari anyaman bambu berukuran 2 x 1 M2 demi menyambung kebutuhan hidup.

Karena merasa kurang mampu untuk membeli paket data yang hampir tiap minggu harus terisi, Akhirnya ada salah satu tetangga yang masih mempunyai perhatian dengan kondisi Siti, diajaklah Siti menyelesaikan tugas online dirumahnya karena di rumah beliau tersedia jaringan wifi. Selain keterbatasan untuk membeli paket data, arin juga tidak dapat mengakses aplikasi Google Classroom karena gadget yang ia miliki hanya memiliki kapasitas 1 RAM sedangkan googleclassroom minimal membutuhkan kapasitas 2 RAM, begitupun tugas di aplikasi Whatshap tidak dapat mengirim file karena ruang penyimpanan penuh. Suatu yang mustahil untuk saat ini bagi seorang Siti membeli Handphone yang mempunyai kapasitas minimal 2 RAM dengan harga diatas satu juta. Keadaan yang dilematis dan membutuhkan solusi agar proses belajar mengajar tidak terkendala.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post