Herni Widiastuti Yanuarsasi, S. Pd

RIWAYAT HIDUP PENULIS Seorang Herni Widiastuti Yanuarsasi, di lahirkan di kota Pasuruan tanggal 14 Januari 1975. Anak pertama dari tiga bersaudara, pas...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENULISAN BUKU CATATAN HARIAN

PENULISAN BUKU CATATAN HARIAN

home dashboard book card_giftcard notifications dehaze [11/6 14.52]

👉Rangkuman materi sastra *Penulisan buku catatan harian*

🌺 Salah satu bentuk penulisan yang amat menarik sejak masa dahulu sampai jaman modern ini ialah catatan harian yang ditulis oleh seseorang secara pribadi untuk mengabadikan berbagai gagasan/ide, peristiwa, kegiatan, perjumpaan, perpisahan atau pun aneka rasa dari pengalaman hidup dalam album kehidupannya sehari-hari.

[11/6 15.00]

🌺 Penulisan buku catatan harian telah dilakukan orang sejak berabad-abad yang lampau. Tetapi, dalam abad 20 ini buku catatan harian berkembang menjadi suatu alat tulis menulis bagi pertumbuhan pribadi dan untuk mewujudkan kemampuan menulis kreatif pada diri seseorang, yang dikenal sebagai *the new diary* (buku catatan harian gaya baru)

[11/6 15.12]

🌺 Buku catatan harian gaya baru itu tidak lagi merupakan suatu catatan sehari-hari dari kejadian/peristiwa, bahkan lewat kisah perjalanannya yang ditulis setiap hari.

[11/6 15.23]

🌺 New diary kini lebih merupakan suatu gejala kebudayaan sastra yang meluas, bukan lagi semata-mata suatu program menulis. Peranannya terutama menjadi suatu sarana psikologis praktis yang memungkinkan seseorang mengungkapkan segenap perasaannya tanpa kekangan tirani, mampu mengenali dan mengubah kebiasaan pikirannya yang merugikan diri sendiri, dan mampu menerima diri sendiri sebagaimana adanya. New diary dapat juga membantu seseorang memahami tentang kehidupan di masa lampaunya, bahkan menemukan kesenangan menulis di masa kini, dan menciptakan gairah berkarya di masa depannya.

[19/6 00.21]

🌺 Jadi buku catatan harian bukanlah untuk melarikan diri kita dari kehidupan, melainkan untuk menghayatinya secara lebih penuh pengertian dan rasa yang mendalam.

👉Menurut ahli psikologi dalam mempergunakan diary sebagai suatu sarana untuk menyoroti kehidupan dirinya dari banyak segi pandangan yang berlainan. Seperti melukiskan buku catatan harian sebagai suatu konfrontasi yang terus-menerus dengan diri sendiri di tengah-tengah kehidupannya, dan sebagai suatu laboratorium psikologi yang dengannya pertumbuhan pribadi kita dicatat dan ditelaah untuk mengusahakan bagian-bagian luar dan dalam dari pengalaman hidup seseorang menjadi keselarasan.

[19/6 00.29]

🌺 Manfaat sebuah buku catatan harian telah berkembang banyak sekali, baik sewaktu proses penulisannya maupun hasil karyanya pada saat ini atau terlebih di masa depan setelah beberapa tahun terlewati.

[26/6 23.05]

🌺 Bahkan lewat buku catatan harian telah dapat menolong seseorang agar dapat segera mulai menulis. Kebanyakan pengarang pemula hanya memandang halaman kertasnya yang masih kosong dan tidak tahu apa yang harus mulai dikarangnya. Tetapi sewaktu membuka lembaran buku catatan harian itu, ia dapat segera menulis tentang suatu kejadian yang pagi tadi dilihatnya, semisal hanya peristiwa kecil sebuah becak terbalik akibat beban penumpang yang tidak sesuai atau di perjalanan itu ada perjumpaan seorang teman lama.

[26/6 23.13]

🌺 Dalam buku catatan hariannya, seseorang dapat mencoba berbagai gaya penulisannya sesuai pilihan yang terbaik baginya. Seseorang dapat membuat dialog-dialog dalam buku catatan harian untuk mengungkapkan segenap gagasannya atau sebuah ide kreatif. Kemudian dikembangkan jadi ketrampilan gaya penulisan itu dalam karangannya.

[26/6 23.34]

🌺 Bahwa buku catatan harian bisa membantu seseorang memahami tentang kehidupan ini. Sesuai fungsinya buku catatan harian telah membantu ingatan seseorang semisal saat kita membacanya, memori ingatan pada pertemuan kawan lama atau tempat-tempat yang paling sering di kunjungi bertahun-tahun yang lalu itu sangat menyenangkan.

🌺Buku catatan harian mampu mempertajam intuisi berbagai alat indera seseorang. Misalkan sehabis makan di sebuah restoran mewah yang sangat enak, di sini seseorang dapat melukiskan secara detail keistimewaan masakan mereka seperti susunannya, keharuman dan cita rasanya, juga tergambar letak tata ruangnya, suasana malam hari, dan dekorasinya itu dapat dicatat selengkapnya. Sehingga bila kelak ia mengarang sebuah cerita, catatan harian ini aja yang kita perlu untuk menampilkan suatu lukisan tentang restoran, dari buku catatan harian itu dapat dikutip seperlunya untuk memberikan kesan gambaran yang realistis.

[26/6 23.59]

🌺 Buku catatan harian merupakan suatu kunci ke masa yang lampau dan memberikan suatu pandangan sekilas mengenai makna kehidupan. Segala pengalaman hidup seseorang yang bertahun-tahun di masa lampau dicatat dalam sebuah buku catatan harian dan maknanya saat ini bagi seseorang dapat ditengok kembali dengan membaca ulang buku itu.

[27/6 00.14]

🌺 Buku catatan harian juga membuat seseorang menikmati proses pembelajaran tulis menulis dalam karangannya, ia dapat menjadi senang menulis.Selain itu hasilnya berupa berbagai catatan harian yang penting dan menarik akan merupakan salah satu sumber daya ingatan yang sangat berharga dalam aktivitas menulis selanjutnya.

🌺 Dengan adanya aktivitas tersebut telah memberikan berbagai ide dan ilham yang dapat menembus batas kemacetan mengarang dalam sebuah karya tulisnya. Jadi, kesimpulan buku catatan harian seseorang dapat menghidupkan terus daya kreatifnya.

[27/6 00.22]

🌺 Bahkan pendeknya, segala sesuatu (tanpa batas) yang bersifat pribadi atau bertema tentang keluarga, teman yang dianggap cukup penting baginya dapatlah dicatat seseorang dalam buku catatan hariannya.

[27/6 00.25]

🌺 Di sini, penulis sendiri selama bertahun-tahun juga memakai buku catatan harian untuk mengungkapkan dan mencatat berbagai rencana belajar, rencana kerja, atau rencana mau pengembangan diri.

Bersambung....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap, bu.benar, catatan harian sangat membantu mengumpulkan ide ide yang ditulis...Salam Literasi !

05 Jul
Balas

Selalu keren mbakku, trima ksh sdh berbagi, slm literasi

06 Jul
Balas

Kok jarang nulis lagi mbak

03 Sep
Balas

Betul. Jadi pingin baca catatan jadul, pasti seru. Terimakasih Bu Herni sudah memancing utk membaca diary jadul.

03 Sep
Balas

Mantab. Salam literasi, sukses selalu.

05 Aug
Balas

Apik temen Mbak catatan harian ini. Ajari aku ya. Biar ku tulis lagi catatan harianku yang telah terpendam di lubuk hatiku. Ada dirimu dalam catatanku.Lentera yang selalu menemani gelap langkahku. Terima kasih supportnya selalu untukku.

05 Jul
Balas

Waow kereen...mNtaap

21 Jul
Balas

Mantap ulasannya sangat menginspirasi. Sukses selalu sahabat Mari SKSS

27 Nov
Balas

Makasih persinggahannya, tulisan ini masih bersambung kok, tunggu kisahnya...

05 Jul
Balas



search

New Post