Yus Neni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan dari Pak Cah 15

Menulis Berorientasi Masa Depan

Oleh : Cahyadi Takariawan

Future orientation (orientasi masa depan) melibatkan dua sisi keterampilan yang berbeda tetapi saling terkait erat.

Pertama adalah kemampuan untuk menetapkan tujuan dan memantau kemajuan menuju pencapaiannya. Kedua adalah harapan serta optimisme tentang potensi, sasaran, dan pilihan masa depan.

Orientasi masa depan terkait dengan kemampuan seseorang untuk memulai dan mempertahankan tindakan yang diarahkan pada tujuan. Tidak cukup hanya memiliki tujuan; seseorang juga harus memiliki keyakinan umum bahwa tujuan-tujuan ini dapat dicapai.

Hal ini sejalan dengan teori harapan CR Snyder, di mana harapan dipahami sebagai "sistem motivasi dinamis" yang terdiri dari tujuan, motivasi untuk mengejar tujuan tersebut dan kemampuan untuk menyusun rencana untuk mencapainya.

Orientasi masa depan yang positif mampu memperbaiki penyesuaian sosial dan emosional, dan dapat membantu memediasi efek stres.

Nixon dan Kling (2009) melakukan penelitian untuk menguji intervensi menulis ekspresif yang berorientasi masa depan terhadap gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah perawatan.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan yang signifikan dalam keparahan PTSD pasca intervensi menulis ekspresif, dan pada tindak lanjut 3 bulan. Disimpulkan bahwa tulisan ekspresif dengan fokus pada pencapaian tujuan masa depan dan perubahan pribadi memiliki kemanfaatan dalam mengurangi stres pasca-trauma.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post