Yus Neni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan dari Pak Cah 24

Menulis Ekspresif untuk Meredakan Duka Berkepanjangan

Oleh : Cahyadi Takariawan

Menulis tentang pengalaman traumatis bisa terasa menyiksa, namun sekaligus juga dapat menawarkan cara untuk menghadapi kehidupan pasca tragedi. Hal ini diungkapkan oleh Angela Matthews (2019) dari pengalaman pribadinya kehilangan anak tercinta.

“Ketika anak saya meninggal, hati saya hancur dan otak saya berhenti bekerja. Saya lebih mirip seperti zombie daripada seorang sarjana”, ujar Matthews.

“Salah satu kegiatan semi-intelektual yang saya lakukan adalah menulis catatan kesedihan. Awalnya sangat sulit, namun perlahan berproses dan berkembang menjadi katarsis yang membantu saya memahami apa yang saya rasakan dan mengapa saya merasakan hal tersebut”, lanjut Matthews.

“Proses membaca catatan kesedihan yang telah saya tulis, mampu mengingatkan apa yang telah terjadi dan bagaimana perasaan saya tentang hal itu. Merekam catatan lapangan, dan kemudian merefleksikan serta menganalisa. Ini sangat membantu saya dalam memproses rasa sakit yang luar biasa”, ungkap Matthews.

“Menulis menjadi terapi, dan itu membantu saya lebih memahami kesedihan, berbagi pengalaman dengan orang lain, dan terhubung kembali dengan dunia luar”, sambung Matthews.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menulis ekspresif. Sarat ilmu dan perenungan. Sukses untuk bunda. Salam kenal salam literasi. Izin follow Bun

16 Apr
Balas



search

New Post