Yus Neni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan dari Pak Cah 26

Menulis Ekspresif untuk Pemulihan Disfungsi Seksual

Oleh : Cahyadi Takariawan

Disfungsi seksual merupakan gangguan fisik atau psikologis yang membuat seseorang atau pasangannya kesulitan mencapai kepuasan seksual. Hal ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita.

Wanita dengan riwayat pelecehan seksual masa kanak-kanak (childhood sexual abuse / CSA) cenderung memiliki tingkat depresi yang tinggi. Mereka mengalami gangguan stres pasca trauma dan masalah seksual di masa dewasa.

Cindy Meston dan tim (2013) menguji intervensi berbasis tulisan ekspresif terhadap psikopatologi, fungsi seksual, kepuasan, dan kesusahan pada wanita yang memiliki riwayat pelecehan seksual masa kanak-kanak.

Tujuh puluh wanita dengan sejarah CSA terlibat dalam penelitian ini, diminta menyelesaikan lima sesi menulis ekspresif selama 30 menit, baik dengan fokus trauma atau fokus skema seksual.

Partisipan yang diinstruksikan untuk menulis tentang dampak pelecehan seksual yang mereka alami, secara signifikan lebih mungkin untuk pulih dari disfungsi seksual.

Studi Meston dan tim membuktikan bahwa intervensi menulis ekspresif dapat memperbaiki gejala depresi dan PTSD pada wanita dengan riwayat CSA.

Tulisan ekspresif yang berfokus pada skema seksual mampu memperbaiki masalah seksual, terutama untuk wanita depresi dengan riwayat CSA.

Model intervensi menulis ekspresif menjadi salah satu alternatif terapi yang mudah dilakukan, hemat biaya, dan dapat diterima oleh pasien.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus Bu

22 Apr
Balas



search

New Post