Yus Neni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan dari Pak Cah 25

Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Optimisme dalam Kehidupan

 

Oleh : Cahyadi Takariawan

 

Optimisme merupakan harapan positif tentang kehidupan, yang secara efektif membantu individu dalam mencapai masa depan yang diinginkan. Optimisme adalah proses kognitif  dan pilihan perilaku seseorang ketika dihadapkan pada situasi stres. 

 

Scheier dan Carver (1985) berpendapat bahwa setiap manusia berbeda satu sama lain dalam memahami dunia. Optimisme merupakan salah satu jalan manusia dalam memahami dunia. 

 

Soliday dkk (2005) melakukan penelitian terkait efek dari intervensi menulis ekspresif terhadap gejala somatik pada remaja, kesusahan, dan fungsi psikologis positif. Studi menunjukkan bahwa skor optimisme meningkat, skor pengaruh negatif menurun, dan kata-kata pengaruh positif dalam tulisan siswa meningkat. 

 

Menulis ekspresif terbukti bisa menjadi intervensi hemat biaya untuk mengatasi masalah emosional remaja. Melalui menulis ekspresif, bisa meningkatkan optimisme remaja.

 

Wells et al (2018) melakukan penelitian untuk mengetahui dampak tulisan ekspresif terhadap sense of purpose, optimisme, resiliensi dan kualitas hidup. Studi melibatkan 153 partisipan ditugaskan secara acak melakukan proses menulis ekspresif, serta tulisan terait rasa syukur (gratitude journal). 

 

Penelitian menemukan bahwa partisipan yang menulis ucapan syukur dan ekspresif; kesehatan fisik, ketahanan, dan optimisme meningkat. Hasil studi menunjukkan bahwa tulisan ekspresif bermanfaat untuk meningkatkan optimisme pada orang dewasa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post